Ganjar Puji Kerja Sama DPRD Jateng Selama 10 Tahun, Dukung Banyak Terobosan

Ganjar Puji Kerja Sama DPRD Jateng Selama 10 Tahun, Dukung Banyak Terobosan

Slawipos.com – Ganjar Puji Kerja Sama DPRD Jateng Selama 10 Tahun, Dukung Banyak Terobosan, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengakhiri masa jabatannya dengan penuh kenangan. Ganjar mengenang pasang surut hubungan bersama DPRD Jawa Tengah yang telah bekerja sama dengan baik selama satu dekade kepemimpinannya. Ganjar mengapresiasi DPRD yang telah mendukung banyak program terobosannya.

Hal itu disampaikan Ganjar saat mengikuti rapat paripurna dengan agenda Pengumuman Akhir Masa Jabatan Gubernur di ruang rapat DPRD Jateng, Kamis (3/8/2023). Rapat ini digelar sebulan sebelum jabatan Ganjar sebagai Gubernur Jateng berakhir, pada awal September mendatang.

Ganjar mengatakan bahwa selama sepuluh tahun belakang ini, ia bersama DPRD Jateng selalu berdialog, berdebat, saling mengisi, dan saling mengoreksi. Ia menilai bahwa itu adalah bentuk dari check and balancing, atau saling melakukan pengecekan di antara mereka.

“Kami berdialog, kami berdebat, kami saling mengisi, saling mengoreksi, itulah sebenarnya check and balancing. Saling melakukan pengecekan di antara kita,” ujar Ganjar.

Ganjar menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya kepada DPRD Jateng. Ia mengatakan bahwa kerja sama mereka luar biasa, hingga berhasil melahirkan kebijakan-kebijakan terobosan.

Baca Juga :   Dinkes Jateng: Stunting Bukan Hanya Soal Gizi, Pola Asuh Juga Berpengaruh

Beberapa terobosan yang didukung DPRD Jateng, antara lain kebijakan sekolah gratis bagi SMA/SMK, kebijakan memberikan upah layak bagi guru honorer, kebijakan memberi bantuan anggaran Rp1 miliar untuk desa wisata, dan kebijakan memberi insentif bagi guru agama.

“Ini keputusan-keputusan penting dengan DPRD. Begitu juga perhatian kita pada guru agama, apapun, karena sebagian besar muslim, mungkin lebih banyak guru ngajinya kita kasih insentif,” kata Ganjar.

Ganjar juga mengatakan tak pernah lupa proses panjang bersama DPRD Jateng dalam setiap pengambilan dan penentuan kebijakan. Ia mengatakan bahwa DPRD Jateng saling mengisi, dan tak jarang pula memberi kritikan keras.

Salah satu contohnya adalah di awal masa kepemimpinannya sebagai Gubernur Jateng, Ganjar bersama DPRD berhasil menaikkan anggaran untuk infrastruktur hingga 300 persen.

“Di 2014 itu menurut saya juga penting, yang hari ini kalau kita lihat posisi jalan-jalan yang dibuat dengan model rigid beton, hari ini masih bagus,” ucapnya.

Selain itu, Ganjar juga menyebut bahwa DPRD Jateng mendukung kebijakan terobosannya dalam penanggulangan kemiskinan. Di antaranya program Tuku Lemah Oleh Omah dan masih banyak lagi.

Baca Juga :   Atikoh: Perempuan Berperan Penting dalam Kedaulatan Pangan

“Maka, hari ini kami menyampaikan terima kasih, dan kami mohon maaf kalau ada kesalahan selama kami dipercaya oleh masyarakat Jawa Tengah dalam memimpin. Tentu koreksi masukan merupakan catatan-catatan yang penting, dan kelak kemudian gubernur berikutnya kita harapkan lebih hebat,” tegasnya.