Slawi  

Kemendikbud Ristek Mengadakan Pelatihan Sablon Digital Untuk Anak Muda Tegal

Kemendikbud Ristek

Slawipos.com – Kemendikbud Ristek Mengadakan Pelatihan Sablon Digital, Bekal Wirausaha Anak Muda Tegal, Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) bekerja sama dengan Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Sakila Kerti Tegal menggelar pelatihan sablon digital bagi 12 anak muda di Terminal Tegal. Pelatihan ini bertujuan untuk memberikan keterampilan dan pengetahuan tentang usaha sablon yang berpotensi sebagai sumber penghasilan.

Pelatihan ini berlangsung selama 50 hari, dimulai sejak Senin, 31 Juli 2023. Pembukaan pelatihan dihadiri oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Tegal dan Kepala Dinas Koperasi UKM dan Perdagangan Kota Tegal. Materi pelatihan disampaikan oleh Akip, seorang pengusaha sablon digital yang berpengalaman.

Akip menjelaskan bahwa sablon digital memiliki keunggulan dibandingkan dengan sablon manual, yaitu dapat menghasilkan produk dalam jumlah banyak dengan waktu yang singkat, serta dapat menerima pesanan satuan. Ia juga mengenalkan jenis-jenis alat dan mesin sablon digital, cara mengoperasikannya, serta harga dan kualitasnya.

Salah satu peserta, Khaerul Ilham, mengaku senang mengikuti pelatihan ini. Ia merasa mendapatkan ilmu yang bermanfaat untuk membuka usaha sablon sendiri. Ia berharap dapat mengaplikasikan materi yang didapat dengan baik.

Baca Juga :   Kota Tegal Gagal Terima Dana Insentif Daerah di tahun 2023

Pimpinan PKBM Sakila Kerti Tegal, Dr Yusqon, mengatakan bahwa pelatihan ini merupakan salah satu upaya pemerintah untuk memberdayakan masyarakat, khususnya anak muda, agar memiliki bekal berwirausaha. Ia juga menyarankan agar para peserta dapat memanfaatkan kearifan lokal, seperti bahasa tegalan, sebagai salah satu daya tarik produk sablon mereka.