Pertamina Pastikan Stok dan Suplai LPG 3 kg Aman, Minta Masyarakat Tak Panic Buying

Sambutan Direktur Utama PT Pertamina Nicke Widyawati 2023

Slawipos.comPertamina Pastikan Stok dan Suplai LPG 3 kg Aman, Minta Masyarakat Tak Panic Buying, Direktur Utama PT Pertamina (Persero) Nicke Widyawati memantau penyaluran LPG 3 kg di seluruh wilayah secara langsung dari Pertamina Integrated Enterprise Data and Command Center (PIEDCC), Graha Pertamina, Jakarta. Ia menjamin stok dan suplai LPG subsidi tersebut dalam keadaan aman dan mencukupi.

Hal ini disampaikan oleh Nicke dalam keterangan tertulis, Sabtu (29/7/2023). Ia mengatakan bahwa pemantauan ini dilakukan untuk memastikan bahwa distribusi LPG 3 kg berjalan lancar dan tidak ada kendala di lapangan. Ia juga mengatakan bahwa dirinya akan meninjau langsung ke beberapa daerah yang membutuhkan pengawasan lebih ketat.

“Sore ini kita lakukan video conference dengan seluruh Direksi Patra Niaga dan juga GM di semua wilayah untuk mengecek kondisi suplai LPG seperti apa, distribusinya seperti apa dan juga ingin memastikan bahwa semua program-program yang telah kita dorong untuk mengatasi permasalahan di lapangan bisa terselesaikan. Besok kita akan langsung meninjau ke beberapa daerah, kita akan memerlukan kerjasama langsung dari pemerintah daerah, aparat penegak hukum dan DPR untuk melakukan koordinasi lebih lanjut. Intinya kita akan memastikan bahwa fenomena kelangkaan ini bisa kita atasi karena supply-nya aman,” ujarnya.

Baca Juga :   Kemendag Siapkan Rp8 Triliun untuk Kendalikan Harga Barang Pokok Jelang El Nino

Nicke mengimbau kepada masyarakat untuk tidak panic buying terkait dengan stok LPG 3 kg. Ia mengatakan bahwa pengguna LPG 3 kg adalah rumah tangga, usaha mikro, petani sasaran, dan nelayan sasaran sesuai dengan aturan Kementerian ESDM. Ia juga meminta masyarakat untuk melaporkan apabila terjadi penyelewengan, kelangkaan, atau harga LPG yang tidak sesuai dengan ketentuan pemerintah daerah ke Call Center Pertamina di 135.

“Saya sampaikan kepada masyarakat untuk LPG subsidi, jelas yang berhak mendapatkannya itu adalah masyarakat yang kurang mampu. Jika masyarakat melihat adanya penyelewengan, penyimpangan, kelangkaan dan jika harganya di atas harga eceran yang sudah ditentukan oleh pemerintah daerah lapor ke 135. Saya sudah cek LPG 3 kg dan memastikan bahwa supply secara nasional aman, jadi tidak perlu ada panic buying karena supply ini cukup,” ungkapnya.

Ia menambahkan bahwa langkah tersebut juga merupakan bagian dari komitmen Pertamina dalam mendukung target Net Zero Emission 2060 dengan terus mendorong program-program yang berdampak langsung pada capaian Sustainable Development Goals (SDG’s) dan penerapan Environmental, Social & Governance (ESG) di seluruh lini bisnis dan operasi Pertamina.

Baca Juga :   Rusia Tarik Diri dari Kesepakatan Biji-Bijian, Harga Pangan Global Naik

“Pertamina sebagai pemimpin di bidang transisi energi, berkomitmen dalam mendukung target Net Zero Emission 2060 dengan terus mendorong program-program yang berdampak langsung pada capaian Sustainable Development Goals (SDG’s). Seluruh upaya tersebut sejalan dengan penerapan Environmental, Social & Governance (ESG) di seluruh lini bisnis dan operasi Pertamina,” tutupnya.