Bisnis  

Jokowi Bertemu Xi Jinping di China, Bahas Investasi hingga Kereta Cepat

Presiden Joko Widodo dan luhut di pidato 2023

Slawipos.com – Jokowi Bertemu Xi Jinping di China, Bahas Investasi hingga Kereta Cepat, Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan melakukan kunjungan kenegaraan ke Chengdu, China, pada akhir Juli 2023. Kunjungan ini bertujuan untuk mempererat hubungan bilateral antara Indonesia dan China yang telah berlangsung selama satu dekade.

Di Chengdu, Jokowi akan melakukan pertemuan dengan Presiden China Xi Jinping. Kedua pemimpin akan membahas sejumlah agenda prioritas di bidang ekonomi, kesehatan, serta isu regional dan global.

“RRT (China) adalah mitra dagang dan investasi besar bagi Indonesia, dan di Chengdu saya akan melakukan pertemuan dengan Presiden Xi Jinping,” ujar Jokowi dalam keterangan pers yang disiarkan lewat YouTube Sekretariat Presiden, Kamis (27/7/2023).

Salah satu topik yang akan dibahas adalah kelanjutan proyek strategis kerja sama Indonesia dan China, seperti kereta cepat Jakarta-Bandung. Proyek ini merupakan salah satu hasil dari kemitraan ekonomi strategis komprehensif antara kedua negara yang ditandatangani pada 2013.

“Sejumlah agenda prioritas akan saya bahas bersama Presiden Xi. Baik di bidang investasi, maupun berbagai proyek strategis Indonesia dan RRT, juga di bidang perdagangan dan kesehatan, serta isu regional dan global,” jelas Jokowi.

Baca Juga :   BNI dan BPJS Ketenagakerjaan Kerja Sama untuk Perlindungan Jaminan Sosial Ketenagakerjaan

Selain itu, Jokowi juga akan bertemu dengan beberapa pimpinan perusahaan atau CEO di China untuk menawarkan atau menagih realisasi investasi di Indonesia. Jokowi mengatakan bahwa sektor-sektor yang menjadi fokus adalah hilirisasi industri, petrokimia, energi baru terbarukan, dan kesehatan.

“Saya juga akan bertemu dengan beberapa pimpinan perusahaan CEO yang telah dan akan melakukan investasi di Indonesia, Khususnya di sektor hilirisasi industri, petrokimia, energi baru terbarukan, dan kesehatan,” tutur Jokowi.