Temanggung Butuh 1.200 Guru, Tahun 2023 Rekrut 377 PPPK

Temanggung Butuh 1.200 Guru, Tahun 2023 Rekrut 377 PPPK

TEMANGGUNG – Temanggung Butuh 1.200 Guru, Tahun 2023 Rekrut 377 PPPK, Kabupaten Temanggung masih mengalami kekurangan guru sebanyak 1.200 orang untuk jenjang SD dan SMP. Untuk mengatasi hal ini, Pemerintah Kabupaten Temanggung akan merekrut Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) sebanyak 377 orang pada tahun anggaran 2023.

Hal ini disampaikan oleh Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Temanggung Ripto Susilo dan Kepala Dinas Pendidikan, Kepemudaan, dan Olahraga (Dindikpora) Kabupaten Temanggung Agus Sujarwo, pada Selasa (12/9/2023).

Ripto Susilo mengatakan bahwa perekrutan PPPK tahun 2023 ini tidak ada formasi CPNS, hanya formasi PPPK. Dari 387 formasi PPPK yang diperoleh Pemkab Temanggung, 377 di antaranya untuk guru, sementara sisanya lima untuk tenaga kesehatan dan lima untuk tenaga teknis.

“Mayoritas untuk formasi PPPK guru dan hanya 10 untuk tenaga kesehatan dan tenaga teknis,” katanya.

Agus Sujarwo menambahkan bahwa kebutuhan guru di Kabupaten Temanggung sebenarnya sebanyak 1.200 orang, namun dengan keterbatasan anggaran dan kebutuhan pemerintah daerah yang lain, tidak bisa memaksakan diri untuk mengisi semua formasi.

Baca Juga :   Seribu Tumpeng untuk Maulid Nabi, Warga Kaloran Tunjukkan Kerukunan Antar Umat Beragama

“Sehingga kalau nanti bisa terisi 377 guru PPPK, berarti masih ada kekurangan sekitar dua per tiga,” ujarnya.

Ia berharap bahwa dengan adanya perekrutan PPPK ini, beban kekurangan guru bisa sedikit terpenuhi. Ia juga menyampaikan bahwa pemerintah juga memberikan bantuan bahan makanan tambahan bagi keluarga yang memiliki anak terindikasi stunting.

“Pemenuhan kekurangan guru akan dipenuhi, dan Pemkab Temanggung telah membuat skemanya. Sebab guru sangat dibutuhkan untuk mendidik calon generasi penerus bangsa ini,” tuturnya.

Perekrutan PPPK ini merupakan salah satu upaya pemerintah untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Kabupaten Temanggung. Diharapkan, para calon PPPK ini bisa memberikan kontribusi positif bagi dunia pendidikan di daerah tersebut.***