IKA Undip Wonogiri Tebar Benih Ikan dan Tanam Pohon di Waduk Pidekso

IKA Undip Wonogiri Tebar Benih Ikan dan Tanam Pohon di Waduk Pidekso

Slawipos.com – IKA Undip Wonogiri Tebar Benih Ikan dan Tanam Pohon di Waduk Pidekso, Waduk Pidekso, salah satu proyek strategis nasional yang baru diresmikan oleh Presiden Joko Widodo pada akhir tahun 2021, mendapat perhatian khusus dari Ikatan Alumni Universitas Diponegoro (IKA Undip) Wonogiri. Pada Jumat (25/8/223), IKA Undip Wonogiri menggelar kegiatan penebaran benih ikan dan penanaman pohon buah-buahan di sekitar area waduk yang berada di Kecamatan Giriwoyo.

Kegiatan ini bertujuan untuk melestarikan ekosistem waduk dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat sekitar yang mayoritas beralih profesi dari petani sawah menjadi petani ikan. Selain itu, kegiatan ini juga merupakan bentuk aktualisasi organisasi IKA Undip Wonogiri yang baru saja terbentuk.

Sekretaris Daerah (Sekda) Wonogiri Haryono, yang juga merupakan pembina IKA Undip Wonogiri, mengapresiasi kegiatan ini. Menurutnya, ini menunjukkan kepedulian alumni Undip terhadap pembangunan daerah dan masyarakat.

“Ini adalah salah satu contoh nyata dari kontribusi alumni Undip untuk Wonogiri. Kami berharap kegiatan ini dapat berlanjut dan memberi dampak positif bagi lingkungan dan perekonomian masyarakat,” ujar Haryono.

Baca Juga :   Pemkab Temanggung Siapkan Rp4 Miliar untuk Biayai Pendidikan Kesetaraan

Ketua IKA Undip Wonogiri, Suparno, menjelaskan bahwa penebaran benih ikan dilakukan di dua titik, yaitu Desa Sendangsari (Kecamatan Batuwarno) dan kantor pengelola Waduk Pidekso di Desa Pidekso (Kecamatan Giriwoyo). Adapun jenis benih ikan yang ditebar adalah nila, tombro, dan patin dengan jumlah total sekitar 18.250 ekor.

“Kami berharap dengan adanya penambahan benih ikan ini, populasi ikan di Waduk Pidekso dapat bertambah dan menjadi sumber penghasilan bagi masyarakat. Selain itu, kami juga ingin menjaga kelestarian lingkungan dengan menanam pohon buah-buahan di sekitar waduk,” kata Suparno.

Kepala Desa Sendangsari, Anom Wibowo, mengucapkan terima kasih atas bantuan dari IKA Undip Wonogiri. Ia mengatakan bahwa masyarakat sangat membutuhkan dukungan untuk beradaptasi dengan kondisi baru setelah adanya Waduk Pidekso.

“Kami sangat bersyukur atas penambahan bibit ikan ini. Ini sangat membantu kami yang sekarang beralih menjadi petani ikan. Kami juga berharap dengan adanya penanaman pohon buah-buahan ini, waduk kami menjadi lebih hijau dan indah,” tutur Anom.