Museum Batik Pekalongan Luncurkan Aplikasi Sidakon Mustika

Museum Batik Pekalongan Luncurkan Aplikasi Sidakon Mustika

Slawipos.com – Museum Batik Pekalongan Luncurkan Aplikasi Sidakon Mustika, Museum Batik Pekalongan kini memiliki aplikasi yang dapat memberikan informasi tentang koleksi batik, motif, dan deskripsinya. Aplikasi tersebut bernama Sidakon Mustika, yang dapat diakses oleh para pengunjung museum dengan perangkat yang tersedia di sana.

Sidakon Mustika diambil dari dua istilah, yakni dakon – nama permainan tradisional, dan mustika yang merupakan akronim dari Museum Batik Pekalongan. Kepala Museum Batik Pekalongan melalui Kepala Subbagian Tata Usaha, Nur Hayati Sinaga, mengatakan bahwa nama tersebut mengandung makna bahwa semua pengunjung museum memiliki hak yang sama untuk memperoleh atau mengakses informasi tentang koleksi batik yang berharga.

“Harapannya, Sidakon Mustika ini dapat menjadi suatu alat bantu semua orang yang berkunjung ke Museum Batik, mereka mendapat hak yang sama untuk memperoleh atau mengakses informasi tentang koleksi batik,” jelas Nur.

Nur menambahkan, Sidakon Mustika menggantikan peran edukator museum dalam memberikan penjelasan kepada pengunjung tentang batik koleksi museum, yang jumlahnya mencapai 1.300 helai. Aplikasi tersebut menampilkan batik-batik dari berbagai kelompok, yakni batik mancanegara, nusantara, pedalaman, pesisiran, dan kontemporer.

Baca Juga :   Kontingen Kabupaten Semarang Bidik 39 Emas di Porprov Jateng 2023

“Ini dibagi menjadi beberapa kelompok, yakni batik mancanegara, nusantara, pedalaman, pesisiran, dan kontemporer,” beber Nur.