Ganjar Dorong PT Tirta Utama Jateng dan PDAM Sinergi Penuhi Kebutuhan Air Bersih Masyarakat

Ganjar Dorong PT Tirta Utama Jateng dan PDAM Sinergi Penuhi Kebutuhan Air Bersih Masyarakat

Slawipos.com – Ganjar Dorong PT Tirta Utama Jateng dan PDAM Sinergi Penuhi Kebutuhan Air Bersih Masyarakat, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menginginkan agar PT Tirta Utama Jawa Tengah (Perseroda) dan Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) di daerahnya bisa bekerja sama dengan baik dalam memenuhi kebutuhan air bersih masyarakat. Hal ini disampaikan Ganjar saat meresmikan Kantor PT Tirta Utama Jawa Tengah (Perseroda) di Banyumanik, Semarang, Kamis (24/8/2023).

Ganjar mengatakan bahwa kebutuhan air bersih akan semakin meningkat, khususnya ketika memasuki musim kemarau seperti saat ini. Ia khawatir bahwa jika suplai air bersih tidak terpenuhi, masyarakat akan menurunkan kualitas air yang mereka konsumsi. Padahal, air bersih merupakan kebutuhan paling utama, karena berkaitan dengan kualitas hidup dan kesehatan masyarakat.

“Kita mau ini bukan sekadar gedung untuk mereka berkantor, tetapi untuk membuat kebijakan yang betul-betul progresif. Khususnya dalam memberikan sumber air bersih kepada masyarakat,” kata Ganjar.

Ganjar menjelaskan bahwa PT Tirta Utama Jawa Tengah (Perseroda) merupakan perusahaan milik pemerintah daerah yang bergerak di bidang pengelolaan sumber daya air. Perusahaan ini bertugas untuk membangun dan mengoperasikan infrastruktur air bersih, seperti bendungan, waduk, saluran irigasi, dan jaringan pipa.

Baca Juga :   Teknologi Pertanian Canggih di Sekolah Nusaputera Bikin Wali Kota Semarang Terpukau

Sementara itu, PDAM merupakan perusahaan milik pemerintah daerah yang bergerak di bidang penyediaan air minum. Perusahaan ini bertugas untuk mendistribusikan air bersih dari PT Tirta Utama Jawa Tengah (Perseroda) atau sumber lainnya kepada pelanggan, baik rumah tangga, industri, maupun komersial.

Ganjar meminta agar PT Tirta Utama Jawa Tengah (Perseroda) dan PDAM bisa kompak dalam menyediakan air bersih kepada masyarakat. Ia juga meminta agar keduanya bisa meningkatkan cakupan layanan air bersih di daerah-daerah yang belum terjangkau. Ia juga meminta agar keduanya bisa meningkatkan kualitas dan kuantitas air bersih yang disuplai.

“Kami harapkan PT Tirta Utama Jawa Tengah (Perseroda) dan PDAM bisa berkolaborasi dan bersinergi dalam hal pengelolaan air bersih. Kami harapkan mereka bisa memperluas cakupan layanan air bersih, terutama di daerah-daerah yang masih kesulitan mendapatkan air bersih. Kami harapkan mereka bisa meningkatkan kualitas dan kuantitas air bersih yang disuplai, sehingga masyarakat bisa mendapatkan air bersih yang sehat dan aman,” ujar Ganjar.

Baca Juga :   Bupati Semarang Serahkan Bantuan untuk 13 Korban Bencana Di Kabupaten Semarang

Keberadaan kantor baru PT Tirta Utama Jawa Tengah (Perseroda) diharapkan bisa menjadi tempat untuk berpikir, diskusi, dan mendesain kebijakan progresif dalam pengelolaan air bersih. Ganjar juga berharap bahwa kantor ini bisa menjadi tempat untuk berkoordinasi dan berkomunikasi dengan PDAM dan pihak-pihak lain yang terkait dengan pengelolaan air bersih.

“Kantor ini merupakan sarana untuk meningkatkan kinerja dan pelayanan PT Tirta Utama Jawa Tengah (Perseroda). Kantor ini juga merupakan sarana untuk meningkatkan sinergi dan kerjasama dengan PDAM dan pihak-pihak lain yang terkait dengan pengelolaan air bersih. Kantor ini juga merupakan sarana untuk meningkatkan inovasi dan kreativitas dalam menghadapi tantangan dan peluang di bidang pengelolaan air bersih,” tutur Ganjar.