Solo Technopark Akan Jadi Giga City 5G Pertama di Indonesia

Solo Technopark Akan Jadi Giga City 5G Pertama di Indonesia

Slawipos.com – Solo Technopark Akan Jadi Giga City 5G Pertama di Indonesia, Solo Technopark (STP) akan menjadi lokasi percontohan untuk mengembangkan teknologi konektivitas Giga City 5G di Indonesia. Teknologi ini diharapkan dapat memberikan pengalaman digital yang lebih baik dan menjadi infrastruktur teknologi informasi dan komunikasi (TIK) masa depan.

Kerja sama antara Pemerintah Kota Surakarta dan Huawei Indonesia untuk mewujudkan Giga City 5G di Solo Technopark ditandatangani pada Selasa (22/8/2023). Acara penandatanganan disaksikan oleh CEO Huawei, Guo Hailong dan Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka.

Wali Kota Gibran mengatakan bahwa Solo Technopark merupakan tempat yang tepat untuk mengimplementasikan Giga City 5G karena memiliki fasilitas dan sistem yang mendukung. Ia juga berharap bahwa kerja sama ini dapat menghidupkan kembali Solo Technopark yang sebelumnya kurang berkembang.

“Kerja sama dengan Huawei merupakan upaya Pemkot Solo untuk menghidupkan Solo Technopark yang menurutnya mati suri. Harapannya, nanti bisa memberikan kontribusi lebih untuk Kota Solo dan Solo Technopark tentunya,” ujarnya.

Baca Juga :   Ganjar dan Gibran Jelajahi Lokananta yang Kini Jadi Creative Hub

Sementara itu, Perwakilan Huawei Indonesia Muhammad Rosyidi menjelaskan bahwa Giga City 5G adalah proyek untuk membangun jaringan 5G di seluruh kota Solo. Jaringan ini akan memiliki kecepatan ultra cepat dan latensi rendah yang dapat meningkatkan berbagai layanan di bidang transportasi, kesehatan, pendidikan, industri, dan perkotaan.

“Jaringan ultra cepat akan memungkinkan berbagai aspek layanan yang dapat ditingkatkan, semisal transportasi pintar, yang mana jaringan 5G dapat digunakan untuk meningkatkan manajemen lalu lintas dan menciptakan sistem transportasi umum yang lebih efisien,” paparnya.

Rosyidi menambahkan bahwa Giga City 5G juga akan memberikan manfaat bagi masyarakat Solo dalam hal akses informasi, hiburan, dan komunikasi. Ia berharap bahwa proyek ini dapat menjadi contoh bagi kota-kota lain di Indonesia untuk mengadopsi teknologi 5G.