Sukoharjo Job Fair 2023 Tawarkan 2.000 Lowongan Kerja

Sukoharjo Job Fair 2023 Tawarkan 2.000 Lowongan Kerja

Slawipos.com – Sukoharjo Job Fair 2023 Tawarkan 2.000 Lowongan Kerja, Pencari kerja di Kabupaten Sukoharjo dan sekitarnya mendapat kesempatan untuk mendapatkan pekerjaan melalui Sukoharjo Job Fair 2023 yang digelar oleh Pemerintah Kabupaten Sukoharjo. Kegiatan ini berlangsung selama dua hari, yaitu pada Selasa hingga Rabu (22-23 Agustus 2023) di Gedung Pusat Promosi Potensi Daerah (GP3D).

Menurut Kepala Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja (Disperinaker) Sumarno, Sukoharjo Job Fair 2023 diikuti oleh 30 perusahaan dari wilayah Sukoharjo dan sekitarnya. Ada sekitar 2.000 lowongan kerja yang disediakan oleh perusahaan-perusahaan tersebut.

“Kami menargetkan 2.500 pengunjung selama dua hari pelaksanaan job fair dari berbagai latar belakang pendidikan. Di lokasi job fair ini sekaligus dilakukan seleksi awal berupa tes tertulis maupun wawancara,” ujarnya saat pembukaan Job Fair, Selasa (22/8/2023).

Sumarno mengatakan, dengan digelarnya job fair tersebut, diharapkan dapat membantu proses bertemunya pencari kerja dan pengguna tenaga kerja lebih efektif dan efisien, dengan layanan langsung dan terbuka bagi calon tenaga kerja.

Baca Juga :   BP Tapera dan TPAKD Jateng Siap Wujudkan Mimpi Rumah Rakyat

“Dengan pertemuan langsung antara pencari kerja dan pengguna kerja diharapkan terjadi penyerapan tenaga kerja, sehingga mampu mengurangi tingkat pengangguran di Sukoharjo,” ujar Sumarno.

Sementara itu, Bupati Sukoharjo Etik Suryani menyampaikan, masalah ketenagakerjaan di Kabupaten Sukoharjo merupakan masalah bersama. Bukan hanya menjadi tanggung jawab pemerintah daerah untuk menyelesaikannya, namun diperlukan peran aktif masyarakat baik dari pihak pemberi kerja/perusahaan, para pengusaha, ataupun para pencari kerja, serta stake holder terkait yang berhubungan dengan ketenagakerjaan. Termasuk Bursa Kerja Khusus (BKK) yang ada di SMK-SMK dan Lembaga Penempatan Tenaga Kerja Swasta (LPTKS).

“Berbagai upaya telah dilakukan pemerintah, baik pusat maupun daerah, dalam mengatasi pengangguran,” ujar bupati.

Meski begitu, lanjutnya, masalah tersebut belum dapat tertangani secara keseluruhan menjangkau seluruh lapisan masyarakat. Laju peningkatan kesempatan kerja, tidak sebanding dengan laju peningkatan pencari kerja. Kesempatan kerja yang tersedia pun tidak semua dapat dimanfaatkan dengan optimal.

“Oleh karena itu guna mengatasi permasalahan tersebut, serta untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, khususnya para pencari kerja, Pemkab Sukoharjo melalui Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja menyelenggarakan kegiatan Sukoharjo Job Fair 2023 ini,” pungkasnya.