Slawi  

Api Kebakaran Kapal Nelayan di Tegal Padam Berkat Bantuan Helikopter BNPB

Api Kebakaran Kapal Nelayan di Tegal Padam Berkat Bantuan Helikopter BNPB

Kota Tegal – Api Kebakaran Kapal Nelayan di Tegal Padam Berkat Bantuan Helikopter BNPB, Sebuah kebakaran hebat yang melanda kapal-kapal nelayan di Kota Tegal akhirnya berhasil dipadamkan setelah beberapa hari berlangsung. Kebakaran ini membutuhkan bantuan helikopter water bombing milik Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) untuk menyiramkan air dari udara ke titik-titik api yang masih berkobar.

Kebakaran ini terjadi sejak Selasa 15 Agustus 2023 dan menghanguskan puluhan kapal nelayan yang bersandar di Pelabuhan Perikanan Nusantara (PPN) Tegal. Api juga merembet ke rumah-rumah warga di sekitar lokasi. Akibatnya, ratusan warga harus mengungsi dan kerugian ditaksir mencapai miliaran rupiah.

Pemadam kebakaran dan water canon dari berbagai instansi terkait berjibaku untuk memadamkan api. Namun, upaya tersebut terkendala oleh sulitnya akses menuju lokasi kebakaran dan besarnya kobaran api. Pemerintah Kota (Pemkot) Tegal kemudian menetapkan status tanggap darurat dan meminta bantuan dari BNPB.

BNPB mengirimkan satu unit helikopter water bombing yang tiba di Tegal pada Kamis 17 Agustus 2023. Helikopter tersebut langsung melakukan penyiraman air dari udara ke sejumlah titik api yang masih menyala. Hal ini dilakukan untuk mempercepat proses pemadaman dan mencegah api menyebar lebih luas.

Baca Juga :   Dari Kecelakaan Bus di Guci, Sekat Kabin Sopir pada Bus Jadi Vital

Petugas BNPB Heri Setiyono mengatakan bahwa pengiriman helikopter water bombing merupakan permintaan dari Pemkot Tegal. Ia mengatakan bahwa helikopter tersebut mampu membawa sekitar 1.500 liter air dalam sekali terbang dan menyiramkannya ke lokasi kebakaran.

“Kita juga melakukan penyiraman air dari udara dilakukan beberapa kali ke sejumlah titik api yang masih menyala,” katanya.

Danki Lanal Tegal, Letkol Laut (P) Dwi Cahyono mengatakan bahwa berkat bantuan helikopter water bombing, api berhasil dipadamkan pada Jumat 18 Agustus 2023 pukul 09.00 WIB. Ia mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah bekerja keras untuk menangani kebakaran ini.

“Kami berharap tidak ada lagi kejadian seperti ini di masa depan. Kami juga berharap agar korban dan warga yang terdampak bisa segera pulih dan bangkit kembali,” ujarnya.