KPU Temanggung Bekali Penyandang Disabilitas Cara Coblos yang Benar

KPU Temanggung Bekali Penyandang Disabilitas Cara Coblos yang Benar

Slawipos.com – KPU Temanggung Bekali Penyandang Disabilitas Cara Coblos yang Benar, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Temanggung menggelar simulasi pencoblosan surat suara pada pemilu 2024 bagi penyandang disabilitas di Sentra Terpadu Kartini Temanggung, Rabu (16/8/2023). Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan partisipasi pemilih dari kalangan disabilitas, serta mengurangi potensi surat suara yang tidak sah.

Anggota KPU Temanggung, Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat, dan Sumber Daya Manusia, Henry Sofyan mengatakan, penyandang disabilitas memiliki hak yang sama dengan pemilih lainnya untuk menggunakan suara mereka dalam pemilu. Ia juga mengatakan, pada pemilu 2024 mendatang terdapat lima surat suara, yakni untuk DPRD, DPRD Provinsi, DPD, Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada), serta Presiden dan Wakil Presiden.

“Kami menyasar di penyandang difabel ini, karena mempunyai hak memilih, hak menggunakan suara, dan itu hak semua orang, tidak pandang bulu, yang normal maupun difabel itu mempunyai hak yang sama,” katanya.

Sebelum melakukan simulasi, petugas memberikan penjelasan tata cara mencoblos yang benar dan sah pada surat suara. Para peserta simulasi kemudian mencoblos surat suara sesuai dengan pilihan mereka. Petugas juga memberikan bantuan kepada peserta yang membutuhkan.

Baca Juga :   Situs Liyangan Akan Jadi Cagar Budaya Nasional, Ini Alasannya

Henry menegaskan, pemilih disabilitas menjadi satu komponen masyarakat yang berhak untuk berpartisipasi dalam menyukseskan pemilu. Ia juga menyampaikan, KPU Temanggung akan menyiapkan fasilitas dan layanan ramah bagi penyandang disabilitas pada saat pemungutan suara nanti.

“Saat pemungutan suara nanti, KPU Temanggung juga menyiapkan petugas dari PPS untuk memberikan layanan ramah terhadap disabilitas, serta juga menyediakan kursi roda dan tongkat kruk,” imbuhnya.

Kepala Sentra Terpadu Kartini Temanggung, Iyan Kusmadiana menyambut baik upaya dari KPU dalam memberikan pendidikan pemilu kepada para penerima manfaat di sentra tersebut. Ia mengatakan, sosialisasi ini sangat penting dan akan ditindaklanjuti dengan koordinasi untuk kegiatan selanjutnya.

“Sosialisasi itu sangat dipentingkan dan kami menyambut baik upaya dari teman-teman KPU Temanggung datang untuk memberikan pendidikan pemilu bagi para penerima manfaat. Tidak hanya memberikan penjelasan kepada penerima manfaat, tetapi juga kepada para pendamping penerima manfaat. Sehingga setelah ini akan kami tindaklanjuti dan berkoordinasi untuk melakukan kegiatan yang selanjutnya,” tandasnya.