Bupati Magelang Kukuhkan 29 Anggota Paskibraka 2023 Terpilih

Bupati Magelang Kukuhkan 29 Anggota Paskibraka 2023 Terpilih

Slawipos.com – Bupati Magelang Kukuhkan 29 Anggota Paskibraka 2023 Terpilih, Bupati Magelang Zaenal Arifin mengukuhkan 29 anggota Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Kabupaten Magelang di Pendopo Rumah Dinas Bupati Magelang, Selasa (15/8/2023).

Anggota Paskibraka ini merupakan siswa siswi terpilih dari SMA/SMK di wilayah Kabupaten Magelang. Mereka telah menjalani seleksi yang ketat dan dilatih selama satu bulan sebelum dikukuhkan.

Dalam sambutannya, Bupati Magelang Zaenal Arifin mengatakan, tugas Paskibraka membawa dan mengibarkan Sang Saka Merah Putih bukanlah sebuah seremonial semata, namun harus diletakkan pada satu semangat dan kesatuan jiwa serta batin, bahwa Sang Saka Merah Putih merupakan simbol kehormatan negara.

“Untuk itu, tugas mulia ini menjadi sejarah, sekaligus kehormatan yang menunjukkan kalau kalian adalah generasi muda terpilih, memiliki nasionalisme yang tinggi, disiplin, dan pantang menyerah, telah menunjukan wujud nyata dalam berbakti kepada nusa dan bangsa,” imbuhnya.

Zaenal menambahkan, peran serta pemuda dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara, sudah saatnya lebih ditingkatkan dan dikembangkan kembali, salah satunya dengan menjadi anggota Paskibraka.

Baca Juga :   Anak Satpam Impian Jadi Paskibraka Jateng dan Bertemu Ganjar Pranowo

“Sebagai anggota Paskibraka maka kalian merupakan pelajar yang telah terpilih melalui seleksi yang ketat serta dilatih untuk mempersiapkan hal-hal yang bersifat teknis. Semua latihan ditujukan sebagai media untuk menanamkan wawasan kebangsaan dan nilai-nilai luhur patriotisme yang menjadi faktor signifikan guna menjaga persatuan dan kesatuan bangsa,” kata Zaenal Arifin.

Ia berharap, ikrar yang telah diucapkan oleh anggota Paskibraka benar-benar dihayati, dipedomani, dan dijalankan dalam pengabdian terhadap bangsa dan negara.

“Saya yakin kalian akan menjadi generasi penerus yang tangguh dan berprestasi, yang akan membawa bangsa Indonesia ke arah yang lebih baik,” tutup Zaenal Arifin.