Karnaval Budaya Warnai HUT RI dan Hari Jadi Magelang

Karnaval Budaya Warnai HUT RI dan Hari Jadi Magelang

Slawipos.com, Magelang – Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun ke-78 Republik Indonesia dan Hari Jadi ke-219 Kabupaten Magelang, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Magelang mengadakan Parade Gebyar Seni Budaya Kota Mungkid. Parade ini berupa karnaval budaya yang menampilkan berbagai potensi unggulan daerah, seperti budaya, ekonomi, kesenian, pendidikan, dan lainnya. Parade ini berlangsung meriah di sepanjang jalan Soekarno Hatta pada Sabtu (26/8/2023).

Bupati Magelang Zaenal Arifin yang membuka acara ini mengatakan bahwa parade ini merupakan bentuk peran serta masyarakat dalam mendukung pengembangan dan pelestarian adat, tradisi, budaya daerah, dan kearifan lokal sebagai warisan leluhur. Ia berharap bahwa parade ini bisa menambah semarak dan semangat dalam memperingati HUT RI.

“Semoga kegiatan ini bisa menambah semarak dan semangat kita dalam memperingati HUT Ke-78 Kemerdekaan RI,” ujar Zaenal.

Zaenal juga menekankan bahwa kearifan lokal merupakan aset yang sangat berharga dan bisa menjadi investasi untuk masa depan. Ia mengajak masyarakat untuk menjaga dan melestarikan kebudayaan Kabupaten Magelang yang merupakan bagian dari kebudayaan nasional di tengah perubahan global yang pesat.

Baca Juga :   Klaten Siap Siaga Hadapi Bencana Kebakaran Hutan dan Lahan Akibat El Nino

“Kegiatan ini juga berperan penting dalam meningkatkan kesadaran akan pentingnya menjaga keragaman budaya serta memupuk rasa salingKita semua juga berharap. Even karnaval ini dapat menambah semangat kita untuk terus berkarya nyata guna membangun Kabupaten Magelang yang Sedaya Amanah,” tutur Zaenal.

Kepala Disdikbud Kabupaten Magelang, Slamet Achmad Husein, dalam laporannya menyampaikan bahwa parade ini juga digelar untuk mengenang perjuangan para pahlawan negara yang telah berjuang dalam meraih kemerdekaan. Ia juga menjelaskan bahwa parade ini bertujuan untuk melestarikan kesenian daerah dan menumbuhkan kecintaan masyarakat akan seni dan budaya asli dari Kabupaten Magelang.

“Parade Gebyar Seni Budaya ini juga diikuti oleh 21 perwakilan dari seluruh Kecamatan di Kabupaten Magelang ditambah organisasi masyarakat dengan total 25 peserta,” beber Husein.

Parade ini semakin meriah dengan adanya hiburan yang disajikan. Masyarakat yang menyaksikan parade ini tampak antusias dan gembira. Mereka mengapresiasi kreativitas dan keragaman budaya yang ditampilkan oleh para peserta parade.

Karnaval Budaya Warnai HUT RI dan Hari Jadi Magelang,