Pemkab Semarang Bagikan 107 Alsintan ke Kelompok Tani

Pemkab Semarang Bagikan 107 Alsintan ke Kelompok Tani

Slawipos.com – Pemkab Semarang Bagikan 107 Alsintan ke Kelompok Tani, Sebagai upaya untuk mendukung kemajuan usaha tani, Pemerintah Kabupaten Semarang membagikan 107 unit alat mesin pertanian (alsintan) kepada kelompok tani di wilayahnya. Alsintan tersebut terdiri dari berbagai jenis, seperti cultivator, corn sheller, pompa air, alat pencacah pupuk organik, kendaraan roda tiga, dan perajang tembakau.

Penyerahan alsintan dilakukan secara simbolis oleh Bupati Semarang Ngesti Nugraha dan Wakil Bupati Semarang Joko Santoso, di pendapa rumah dinas bupati setempat, Senin (14/8/2023) siang. Acara ini dihadiri oleh seratusan ketua kelompok tani yang menerima bantuan.

Bupati Ngesti mengatakan bahwa alsintan ini merupakan bagian dari komitmen Pemkab Semarang untuk menjalankan pertanian modern dan meningkatkan kesejahteraan petani. Ia juga mengingatkan para penerima untuk memanfaatkan alsintan sesuai kebutuhan dan berbagi dengan warga lain yang membutuhkan.

“Selain para anggota, jika ada warga yang ingin memanfaatkan, dapat juga diberikan,” ujarnya.

Bupati Ngesti juga menekankan pentingnya pertanian organik yang memanfaatkan pupuk kandang dan pupuk organik. Ia berharap dengan adanya alsintan ini, petani dapat meningkatkan produktivitas dan kualitas hasil panen.

Baca Juga :   Polres Banjarnegara Lakukan Pengamanan Upacara Hari Santri Nasional 2022

Kepala Dinas Pertanian Perikanan dan Pangan Kabupaten Semarang Moh Edy Sukarno menjelaskan bahwa bantuan alsintan berasal dari dua sumber dana, yaitu Dana Bagi Hasil Cukai dan Hasil Tembakau (DBHCHT) dan dana alokasi khusus (DAK) tahun anggaran 2023.

“Alsintan diberikan membantu memajukan pertanian dan mendukung Kabupaten Semarang Berdikari. Para petani adalah salah satu stakeholders penting untuk mewujudkannya,” kata Edy.