Wagub Jateng Touring Gayeng dengan Vespa Listrik, Ganjar Puji Tidak Pamer Motor Mewah

Wagub Jateng Touring Gayeng dengan Vespa Listrik, Ganjar Puji Tidak Pamer Motor Mewah

Slawipos.com – Wagub Jateng Touring Gayeng dengan Vespa Listrik, Ganjar Puji Tidak Pamer Motor Mewah, Wakil Gubernur Jawa Tengah Taj Yasin Maimoen mengikuti Jambore Touring Gayeng Jawa Tengah, yang diselenggarakan oleh Jateng Bikers Community, Sabtu (12/8/2023). Ia mengendarai vespa listrik Vysatic, yang merupakan hasil inovasi mahasiswa Politeknik Negeri Semarang (Polines). Ia mendapat pujian dari Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, yang melepas rombongan touring di halaman kantor gubernur.

Ganjar mengatakan, ia senang melihat wagub tidak memamerkan motor mewah, melainkan memilih motor listrik yang ramah lingkungan. Ia juga mengapresiasi kreativitas dan gagasan anak muda yang menciptakan vespa listrik tersebut.

“Tadi Pak Wagub datang tidak terdengar suaranya (motor). Ini sudah pakai baterai ya? Keren ini,” kata Ganjar.

Ganjar juga berpesan kepada para bikers agar memberikan contoh tertib berlalu lintas dan tidak mengganggu pengguna jalan lain. Ia mengatakan, touring ini bukan hanya sekadar hobi, tetapi juga ajang silaturahmi dan aksi sosial.

“Kasih contoh kepada masyarakat, tertib lalu lintas, itu penting. Kita juga bisa berbagi dengan sesama, memberikan bantuan kepada yang membutuhkan,” ujarnya.

Baca Juga :   Menteri PPPA Apresiasi Jateng sebagai Tuan Rumah Kongres Perempuan Nasional 2023

Wagub Taj Yasin mengaku nyaman dan bangga menggunakan vespa listrik Vysatic. Ia mengatakan, vespa listrik ini lebih kencang dan lebih cepat daripada vespa bahan bakar fosil. Ia juga mengucapkan terima kasih kepada Polines yang telah meminjamkan vespa listrik tersebut.

“Saya ucapkan terima kasih kepada Polines yang meminjamkan vespa konversi menjadi vespa listrik. Menarik, lebih kencang, lebih cepat,” kata Gus Yasin, sapaan wagub.

Gus Yasin mengakui ada sedikit kendala saat naik tanjakan, yaitu baterai yang cepat habis. Namun, ia menilai hal itu bisa diperbaiki dengan pengembangan lebih lanjut. Ia berharap vespa listrik ini bisa menjadi alternatif transportasi yang hemat energi dan ramah lingkungan.

“Akan tetapi tadi, ketika naik (tanjakan) ini yang masih perlu diperbaiki. Ternyata kalau sudah naik (baterainya) ngedrop. Tapi kalau untuk kota-kota sudah oke,” imbuhnya.

Touring Gayeng Jawa Tengah diikuti oleh sekitar 416 bikers, sebagian besar adalah pegawai di lingkup Pemprov Jateng. Rombongan touring akan menuju Desa Kertosari, Kecamatan Singorojo, Kabupaten Kendal, dan Desa Losari, Kecamatan Sumowono, Kabupaten Semarang. Di sana, mereka akan menyalurkan bantuan berupa 300 paket sembako dari komunitas bikers, 400 paket sembako dari Baznas Jateng, 206 paket minyak goreng dari Dinas Sosial Jateng, dan 120 paket gula pasir dari Dinas Perdagangan Jateng.