Tekno  

Google Luncurkan Fitur Baru untuk Lindungi Data Pribadi Pengguna

Logo Google

Slawipos.com – Google Luncurkan Fitur Baru untuk Lindungi Data Pribadi Pengguna, Google meluncurkan fitur baru yang terkait dengan keamanan data pribadi pengguna, yaitu memberikan notifikasi saat Google menemukan data pribadi pengguna di sebuah situs web. Fitur ini bertujuan untuk mempermudah pengguna yang ingin mengetahui apakah data pribadinya tersebar di dunia maya, dan memberikan opsi untuk menghapusnya dari hasil pencarian Google.

Fitur ini tersimpan di bagian ‘results about you’ yang ada di dashboard Google, baik itu di perangkat seluler maupun web. Fitur ini sebenarnya sudah ada sejak September 2022 lalu, namun kini pengguna tidak perlu melakukan pencarian secara manual, misalnya dengan mencari alamat pribadi, nomor telepon, atau alamat email di Google.

Pengguna cukup memasukkan data pribadi ke menu yang tersedia, lalu dashboard akan otomatis menampilkan semua situs web yang berisi informasi pribadi tersebut. Dari situ pengguna bisa meninjau dan meminta informasi tersebut dihapus dari hasil pencarian Google.

Selain itu, pengguna juga bisa memilih untuk mendapatkan notifikasi jika data pribadi tersebut muncul kembali di hasil pencarian Google, demikian dikutip dari The Verge.

Baca Juga :   Fox Logger dan Paper.id Berkolaborasi untuk Dorong Pembayaran Digital di Indonesia

Namun, fitur ini tidak bisa menghapus data pribadi dari situs web yang mempublikasikannya. Data tersebut hanya tidak akan ditampilkan dalam hasil pencarian Google. Ada juga batasan di mana Google tidak bisa menghapus halaman web dari hasil pencarian, misalnya saat data pribadi tersebut ditampilkan di situs pemerintah atau institusi pendidikan.

Sayangnya saat ini fitur ini baru tersedia dalam bahasa Inggris dan terbatas untuk pengguna Google di Amerika Serikat. Namun Google menjanjikan mereka akan segera menghadirkan pilihan bahasa dan dukungan negara yang lebih banyak.