Tekno  

Microsoft Mulai Matikan Aplikasi Cortana di Windows 11, Siapkan Pengganti Baru

Aplikasi Cortana di Windows 11

Slawipos.comMicrosoft Mulai Matikan Aplikasi Cortana di Windows 11, Siapkan Pengganti Baru, Microsoft kabarnya sudah mulai mematikan aplikasi asisten virtual Cortana di Windows 11. Hal ini sejalan dengan rencana Microsoft untuk menghilangkan aplikasi Cortana di Windows 11 menjelang akhir tahun ini.

Menurut laporan dari XDA Developers, Jumat (4/8/2023), Microsoft sudah mulai menghilangkan fungsi aplikasi Cortana lewat update di Microsoft Store. Update ini hanya tersedia untuk pengguna Windows Insiders di channel Dev dan Canary.

Pengguna Windows 11 yang membuka aplikasi Cortana setelah melakukan update akan disambut dengan pesan yang mengatakan, “Cortana di Windows sebagai aplikasi mandiri sudah tidak berfungsi lagi.” Pengguna juga akan diarahkan ke halaman dukungan Microsoft yang menjelaskan dampak dari perubahan ini.

Microsoft pertama kali memperkenalkan Cortana pada tahun 2014 bersamaan dengan peluncuran Windows Phone 8.1 sebelum diperluas ke Windows 10. Namun, asisten virtual ini kalah bersaing dengan kompetitor seperti Amazon Alexa, Apple Siri, dan Google Assistant.

Saat meluncurkan Windows 11 pada tahun 2021, Microsoft mengungkap bahwa Cortana tidak akan termasuk dalam proses boot Windows 11 dan tidak akan menyematkan asisten ini di taskbar. Microsoft juga mengumumkan akan menghilangkan aplikasi Cortana di Windows 11 pada akhir tahun ini.

Baca Juga :   Gmail Hadirkan Fitur "Help Me Write" Berbasis AI, Menulis E-mail Jadi Lebih Mudah

Meski begitu, Cortana masih akan hidup di beberapa platform lain, seperti Outlook mobile, Teams mobile, Microsoft Teams display, dan Microsoft Teams Rooms. Microsoft juga sudah menyiapkan pengganti baru untuk Cortana, yaitu Copilot.

Copilot merupakan asisten baru yang mengandalkan kecerdasan buatan (AI) dan diotaki Bing Chat. Copilot diklaim bisa memberikan informasi yang relevan dan bermanfaat bagi pengguna, seperti cuaca, berita, olahraga, hiburan, dan lain-lain.

Microsoft belum mengumumkan kapan Copilot akan diluncurkan secara resmi. Namun, pengguna Windows 11 bisa mencoba Copilot dengan cara menekan tombol Win+C di keyboard.