Tekno  

Google Akan Tingkatkan Assistant dengan AI Generatif Bard

AI Generatif Google Bard

Slawipos.comGoogle Akan Tingkatkan Assistant dengan AI Generatif Bard, Google memiliki rencana untuk meningkatkan kemampuan Assistant dengan menggunakan teknologi AI generatif, yaitu large language model (LLM) yang dapat menghasilkan teks berdasarkan data dari web. Teknologi ini mirip dengan yang digunakan oleh chatbot Bard.

Hal ini terungkap dari sebuah memo internal Google yang diperoleh oleh Axios. Dalam memo tersebut, Google mengatakan bahwa mereka sedang mencari cara untuk mengintegrasikan LLM ke dalam Assistant, terutama di perangkat mobile.

“Sebagian timnya sudah mulai menggarap ini, dimulai dari mobile,” tulis Google dalam memo tersebut.

Dengan menggunakan LLM, Assistant diharapkan dapat menjawab pertanyaan pengguna dengan lebih baik dan lebih cerdas. Namun, langkah ini juga berdampak pada pengurangan jumlah pegawai yang bekerja di divisi Assistant. Google memberi waktu 60 hari bagi pegawai yang terkena dampak untuk mencari posisi lain di perusahaan.

“Ratusan juta orang menggunakan Assistant setiap bulannya dan kami berkomitmen untuk memberikan pengalaman berkualitas tinggi ke mereka. Kami bersemangat untuk menjajaki bagaimana LLM bisa menggenjot kemampuan (supercharge) Assistant dan membuatnya menjadi lebih baik lagi,” kata Jennifer Rodstrom, juru bicara Google, dalam pernyataannya.

Baca Juga :   Alat Canggih Unair untuk Lindungi Mata dari Kelelahan Akibat Laptop

Namun, memo internal Google tidak menyebutkan apakah LLM juga akan diterapkan di produk smart home yang menggunakan Assistant. Hal ini bisa menimbulkan kekhawatiran tentang privasi pengguna, karena LLM akan mengakses data dari web untuk menghasilkan teks.