120 Lowongan Kerja Ditawarkan di Job Fair Unisnu Jepara

Job Fair Unisnu Jepara

Slawipos.com – 120 Lowongan Kerja Ditawarkan di Job Fair Unisnu Jepara, Para pencari kerja di Jepara berkesempatan untuk mendapatkan pekerjaan melalui pameran bursa kerja (job fair) yang diselenggarakan di Gedung MWCNU Kecamatan Tahunan, kompleks Universitas Islam Nahdlatul Ulama (Unisnu) Jepara, 2-3 Agustus 2023.

Job fair ini diikuti oleh 33 perusahaan yang menawarkan 120 lowongan kerja, baik dalam maupun luar daerah, seperti jasa keuangan, ritel, maupun tenaga kerja industri. Job fair ini bertujuan untuk mendekatkan pasar kerja dengan para pencari kerja, dan menyerap angkatan kerja.

Penjabat (Pj) Bupati Jepara Edy Supriyanta mengatakan, job fair ini dapat membantu menekan tingkat pengangguran terbuka dan angka kemiskinan di Jepara. Ia mengatakan bahwa tingkat pengangguran terbuka di Jepara dalam dua tahun terakhir terus mengalami penurunan yang signifikan.

“Sehingga tingkat pengangguran terbuka dapat makin kita tekan,” ujarnya, pada pembukaan job fair tersebut, Rabu (2/8/2023).

Edy menyampaikan, tingkat pengangguran terbuka di Jepara pada 2022 adalah 4,1 persen. Kondisi ini jauh lebih rendah dibanding rerata Provinsi Jateng sebesar 5,57 persen, serta nasional 5,86 persen.

Baca Juga :   Pemkab Jepara Terapkan Transaksi Nontunai untuk Tutup Celah Korupsi Dana Desa

“Ini juga penting untuk menurunkan angka kemiskinan, yang sempat naik akibat pandemi,” kata dia.

Staf Khusus Menteri Ketenagakerjaan Hindun Anisah menjelaskan, pada pelaksanaan job fair kali ini, pihaknya sengaja menggandeng perguruan tinggi. Menurutnya, job fair di perguruan tinggi sangat dibutuhkan, karena diharapkan bisa mendongkrak kualitas tenaga kerja lokal.

“Kita harapkan lulusan perguruan tinggi bisa mengisi lowongan-lowongan kerja yang ada,” ungkapnya.

Salah satu pengunjung job fair Ratih mengaku senang dengan adanya bursa kerja tersebut. Dia berharap dapat segera mendapatkan pekerjaan.

“Senang, soalnya tidak harus cari kemana-mana. Belum lagi kemarin sempat tertipu informasi palsu di internet adanya lowongan,” aku warga Desa Mantingan.

Dalam dua hari job fair di Unisnu, diharapkan ada lebih dari 3 ribu pelamar. Mereka yang lolos seleksi, bakal ditempatkan di 33 perusahaan sesuai dengan bidang dan kualifikasinya.