Sekretaris Daerah Jepara Minta Stabilitas Investasi Dijaga

Sekda Jepara Edy Sujatmiko

Slawipos.com – Sekretaris Daerah Jepara Minta Stabilitas Investasi Dijaga, Sekretaris Daerah Kabupaten Jepara Edy Sujatmiko mengajak seluruh pihak untuk menjaga stabilitas investasi di daerahnya. Ia mengatakan bahwa Jepara memiliki daya tarik bagi investor yang harus dipertahankan, agar mereka tidak pergi ke daerah lain.

Edy Sujatmiko menyampaikan hal ini pada sosialisasi dan bimbingan teknik kemudahan investasi di Jepara, di Rimba Desa Resort Kedungcino, Selasa (1/8/2023). Ia mengatakan bahwa ada beberapa faktor yang membuat Jepara menjadi magnet bagi investor, seperti upah minimum kabupaten (UMK) yang kompetitif, harga lahan yang terjangkau, dan sikap masyarakat yang mendukung.

“Jangan goyahkan stabilitasnya dengan membalik magnet investasi yang dulu membuat investor datang,” ujar Edy.

Edy Sujatmiko menekankan pentingnya melakukan negosiasi yang santun antara pekerja dan perusahaan dalam menentukan UMK. Ia mengatakan bahwa UMK harus disesuaikan dengan kemampuan perusahaan dan kesejahteraan pekerja. Ia juga mengingatkan perusahaan untuk menempatkan karyawan sebagai modal.

“Kuatkan ketahanan investasi, dengan menempatkan UMK tetap kompetitif,” kata Edy.

Baca Juga :   Gunung Sewu Jalani Revalidasi UNESCO Global Geopark

Edy Sujatmiko juga mengimbau masyarakat untuk menjaga iklim sejuk di sekitar perusahaan. Ia mengatakan bahwa masyarakat dapat berpartisipasi dalam program CSR perusahaan, tanpa menuntut hal-hal yang memberatkan. Ia mengatakan bahwa jika perusahaan merasa tidak nyaman, mereka bisa saja relokasi ke luar daerah.

“Jika hal ini terjadi, masyarakatlah yang akan kehilangan pekerjaan,” tutup Edy.