Slawi  

Kemendikbud Ristek RI Beri Program PKW untuk Warga Kota Tegal

Kemendikbud Ristek RI Beri Program PKW untuk Warga Kota Tegal

Slawipos.com – Kemendikbud Ristek RI Beri Program PKW untuk Warga Kota Tegal, Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek RI) memberikan program Pendidikan Kecakapan Wirausaha (PKW) kepada warga Kota Tegal. Program ini dilaksanakan di dua lembaga, yaitu Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Sakila Kerti dan Lembaga Kursus dan Pelatihan (LKP) Sekar.

Program PKW ini diresmikan oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Tegal, M Ismail Fahmi, pada Senin, 31 Juli 2023, di Sekolah Laut TBM Sakila Kerti di Komplek Pantai Alam Indah. Program ini menawarkan dua jenis keterampilan, yaitu tata rias pengantin solo putri untuk LKP Sekar dan sablon digital untuk PKBM Sakila Kerti.

M Ismail Fahmi mengharapkan agar para peserta program PKW, yang berjumlah 51 orang, dapat mengikuti pelatihan dengan sungguh-sungguh dan disiplin. Ia berharap pelatihan ini dapat menjadi bekal bagi peserta untuk meningkatkan perekonomian keluarga atau membantu masyarakat sekitar.

Ia juga mengucapkan terima kasih kepada Kemendikbud Ristek RI yang telah memberikan bantuan program PKW kepada masyarakat Kota Tegal. Ia berharap program ini dapat memberikan dampak positif bagi pembangunan daerah.

Baca Juga :   Nakes Honorer Kabupaten Tegal Ancam Demo Jika Kuota PPPK Tidak Ditambah

Pimpinan PKBM Sakila Kerti, Dr Yusqon, mengatakan bahwa pelatihan sablon digital akan berlangsung selama 50 hari. Ia berencana untuk menggelar karya dari hasil pelatihan, yaitu membuat dan mendesain kaos tegalan. Ia mengatakan bahwa kegiatan ini juga bertujuan untuk mempromosikan Pantai Alam Indah sebagai salah satu destinasi wisata.

Pimpinan LKP Sekar, Yunieti Utami, mengatakan bahwa selain pelatihan, pihaknya juga akan melakukan pendampingan rintisan usaha bagi para peserta yang lulus program PKW. Ia mengatakan bahwa program PKW bertujuan untuk menciptakan wirausahawan muda yang mandiri atau berkelompok. Ia juga mendorong peserta untuk mengikuti event atau workshop terkait tata rias agar dapat mengikuti trend atau kebutuhan konsumen.

Kegiatan pembukaan program PKW ini juga dihadiri oleh Kepala Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah dan Perdagangan Kota Tegal, Muhammad Rudy Herstyawan, Kepala Bidang P2PNF Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Tegal, Trismanto, Penilik Kursus, Sapuri, Penilik Kesetaraan, Muji Burokhman, Analis Kursus dan Kesetaraan, Imam Syafii, Akademisi dari UPS Tegal dan perwakilan dari perbankan.