Bisnis  

Rosan Roeslani Resmi Ditunjuk Jadi Wakil Komisaris Utama Pertamina

Rosan Roeslani sedang wawancara dengan awak media

Slawipos.com – Rosan Roeslani Resmi Ditunjuk Jadi Wakil Komisaris Utama Pertamina, Menteri BUMN Erick Thohir resmi menunjuk Rosan Roeslani sebagai Wakil Komisaris Utama (Wakomut) PT Pertamina (Persero) pada Kamis (27/7) sore. Rosan menggantikan Pahala Nugraha Mansury yang kini menjabat sebagai Wakil Menteri Luar Negeri.

“Iya betul (jadi wakomut Pertamina),” kata Rosan.

Rosan merupakan mantan duta besar Indonesia untuk Amerika Serikat (AS) yang baru saja kembali ke Tanah Air. Sebelumnya, ia juga pernah menjabat sebagai Ketua Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin) periode 2015-2020.

Selain itu, Rosan juga memiliki pengalaman di bidang bisnis dan keuangan. Ia adalah pendiri dan presiden direktur PT Recapital Advisors, perusahaan jasa keuangan yang berdiri sejak 1997.

Ia juga pernah menjadi Presiden Komisaris dan Komisaris Independen PT Bumi Resources Tbk, salah satu perusahaan tambang terbesar di Indonesia. Namun, ia mengundurkan diri dari jabatan tersebut pada Agustus 2021 lalu karena ditunjuk menjadi duta besar RI untuk AS.

Rosan memiliki latar belakang pendidikan di bidang manajemen, bisnis, dan keuangan. Ia lulus dari Oklahoma State University (AS) dan meraih gelar MBA dan MA di Antwerpen Europe University dengan predikat cumlaude.

Baca Juga :   OJK Terbitkan Peraturan tentang Spin-off Unit Usaha Syariah Perusahaan Penjaminan

Selama menjadi pengusaha, Rosan juga aktif mengajar di berbagai institut keuangan dan lembaga pendidikan. Ia juga sering mengikuti seminar dan kursus di bidang pasar modal, pasar uang, dan produk derivatif.