Slawi  

Bunda PAUD Tegal Dukung Inovasi SI DUTA untuk Tingkatkan Mutu PAUD

Bunda PAUD Tegal Dukung Inovasi SI DUTA untuk Tingkatkan Mutu PAUD

Slawipos.com – Bunda PAUD Tegal Dukung Inovasi SI DUTA untuk Tingkatkan Mutu PAUD, Roro Kusnabela Erfa Dedy Yon, Bunda PAUD Kota Tegal, memberikan dukungan kepada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Tegal yang mengembangkan inovasi Penjaminan Mutu PAUD secara Teringrasi, Terpadu dan Berkelanjutan (SI DUTA). Inovasi ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas pendidikan anak usia dini (PAUD) di Kota Tegal, sesuai dengan standar pendidikan dan arah kebijakan Renstra Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Tegal tahun 2019-2024.

“Saya sangat mendukung inovasi yang dilakukan oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Tegal, apalagi saya sebagai Bunda PAUD di Kota Tegal juga mendorong bagaimana transisi PAUD menuju ke jenjang SD lebih menyenangkan, anak PAUD itu tidak harus bisa baca, tulis dan berhitung tetapi mereka bisa mampu mengenal, bersosialisasi dan berkarakter,” ujar Roro Kusnabela.

Hal itu disampaikannya saat menghadiri peringatan Hari Anak Nasional (HAN) ke-39 Kota Tegal, yang diikuti oleh ribuan anak-anak TK dan PAUD se-Kota Tegal, di Pendopo Ki Gede Sebayu, Komplek Balai Kota Tegal, Selasa (25 Juli 2023).

Baca Juga :   TMMD Kodim 0712 Tegal di Pekauman Tegal Pasang Saluran U Dith

Roro Kusnabela mengatakan, inovasi SI DUTA sangat dibutuhkan untuk meningkatkan mutu PAUD di Kota Tegal, mengingat capaian prosentase PAUD yang terakreditasi minimal B pada tahun 2023 baru mencapai 50,52%, sedangkan target capaian PAUD 2024 sesuai Renstra adalah minimal 80% terakreditasi minimal B untuk semua satuan PAUD.

“Melalui SI DUTA, diharapkan mutu PAUD di Kota tegal akan semakin meningkat guna menyongsong era generasi emas tahun 2045,” harapnya.

Selain itu, Roro Kusnabela juga mengajak masyarakat untuk melakukan Gerakan Makan Menu Seimbang dan Gemar Minum Susu sebagai upaya untuk mencegah stunting pada anak-anak TK dan PAUD. Ia mengatakan, anak-anak berada dalam masa pertumbuhan yang sangat pesat, sehingga membutuhkan asupan gizi yang cukup.

Roro Kusnabela berpesan bahwa makan makanan yang bergizi tidak selalu harus mahal. Namun yang terpenting masyarakat harus tahu bagaimana memilih makanan yang sehat.