Pentas Drama Ngapak Sampaikan Pesan Pencegahan Stunting di Purbalingga

Pentas Drama Ngapak 2023

Slawipos.com – Pentas Drama Ngapak Sampaikan Pesan Pencegahan Stunting di Purbalingga, Sebuah drama ngapak yang berjudul “Aji Godong Jati Aking” menghibur sekaligus mengedukasi warga Desa Panusupan, Kecamatan Rembang, Kabupaten Purbalingga, tentang pentingnya pencegahan stunting. Drama yang dipentaskan oleh Forum Komunikasi Media Tradisional (FK Metra) Kabupaten Purbalingga, Senin (24/7/2023), menceritakan kisah Robert, seorang anak yang mengalami stunting karena kurang gizi.

Drama ini merupakan bagian dari program Pelayanan Informasi Kebijakan Daerah (PIKD) yang diselenggarakan oleh Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Provinsi Jawa Tengah, untuk menyosialisasikan program pemerintah dalam menuntaskan kemiskinan dan stunting di desa tersebut.

Melalui tokoh Mantri Bambang, drama ini menyampaikan pesan bahwa stunting dapat dicegah dengan cara mempersiapkan kesehatan reproduksi sejak remaja, menghindari pernikahan dini, mengonsumsi gizi seimbang sejak hamil hingga menyapih, memberikan ASI eksklusif, dan memeriksakan kesehatan ibu dan anak secara rutin.

Kadiskominfo Jateng Riena Retnaningrum mengatakan, kegiatan ini juga merupakan bagian dari program Satu OPD Satu Desa Dampingan yang dicetuskan oleh Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. Diskominfo Jateng sendiri mendampingi Desa Panusupan sejak awal 2023, dan telah memberikan berbagai bantuan seperti internet desa, rehab rumah, beras, makanan tambahan, reklame, papan informasi, dan pelatihan UMKM.

Baca Juga :   Bupati Magelang Kukuhkan 29 Anggota Paskibraka 2023 Terpilih

Riena menambahkan, selain menggunakan media digital, Diskominfo Jateng juga bekerja sama dengan FK Metra dan kelompok informasi masyarakat (KIM) yang merupakan akar rumput, untuk menyampaikan program pemerintah dengan bahasa lokal.

Asisten Pemerintahan dan Kesra Sekda Jateng Ema Rachmawati mengapresiasi kegiatan tersebut. Ia mengatakan, kesenian tradisional masih efektif untuk menyampaikan pesan kepada masyarakat yang belum akrab dengan teknologi informasi.

Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi mengucapkan terima kasih kepada pemerintah provinsi yang telah memberikan perhatian kepada warganya. Ia berharap, program-program tersebut dapat membantu meningkatkan kesejahteraan dan kesehatan masyarakat di Kabupaten Purbalingga.