Bupati Purbalingga Minta ASN Tingkatkan Semangat Kerja dan Inovasi

Bupati Purbalingga Minta ASN Tingkatkan Semangat Kerja dan Inovasi

Purbalingga – Bupati Purbalingga Minta ASN Tingkatkan Semangat Kerja dan Inovasi, Bupati Purbalingga, Dyah Hayuning Pratiwi, mengingatkan Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Purbalingga untuk tetap berkomitmen dan berdedikasi dalam bekerja, mengingat tantangan yang dihadapi semakin berat. Hal ini disampaikan dalam acara Penyerahan Surat Keputusan tentang Kenaikan Pangkat Pegawai Negeri Sipil periode 1 Oktober 2023 di Pendopo Dipokusumo, Jumat (22/09/2023).

Bupati Tiwi menekankan bahwa ASN harus memiliki pemikiran yang kreatif dan inovatif, serta tidak hanya mengandalkan rutinitas. “Kita harus bisa berpikir out of the box, memiliki pemikiran yang kreatif dan inovatif,” ujarnya.

Untuk meningkatkan motivasi ASN, Pemkab Purbalingga akan kembali menyelenggarakan program penilaian kinerja bagi ASN dan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terbaik yang bertajuk ASN of The Year dan OPD of The Year. Penghargaan bagi ASN of The Year berupa umrah, sedangkan untuk OPD of The Year berupa anggaran untuk peningkatan kapasitas.

Bupati Tiwi juga mengingatkan bahwa ASN memiliki tiga tugas pokok dan fungsi, yaitu sebagai pelayan publik, pelaksana kebijakan publik, dan perekat dan pemersatu bangsa. Oleh karena itu, ia meminta jajarannya untuk mendengarkan keluhan dan opini warga sebagai bahan penyusunan kebijakan pemerintah. “Kita harus aware kebutuhan dan masalah yang ada di masyarakat. Untuk itu, kita harus turun ke bawah untuk mendengar permasalahan yang ada di bawah,” tuturnya.

Baca Juga :   Maraknya Investasi Bodong, Polda Jateng Himbau Masyarakat Hati-Hati

Sementara itu, Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Purbalingga, Bambang Widjonarko, menyebutkan bahwa pada periode 1 Oktober 2023, ada 646 orang PNS di lingkungan Pemkab Purbalingga yang mendapatkan kenaikan pangkat. Rinciannya adalah 549 orang golongan ruang III/d ke bawah, 78 orang IV/a dan IV/b, dan 19 orang IV/c.

Salah satu penerima kenaikan pangkat, Purbadi, yang merupakan PNS di SD Negeri Karanggedang 3, menyatakan siap untuk meningkatkan kinerja dan prestasi untuk kebaikan masyarakat Purbalingga. “Harapan ke depan bisa bekerja lebih baik lagi, meningkatkan prestasi untuk kebaikan Purbalingga,” ucapnya.***