Mahasiswa Unikal dan IPB Bersihkan Sungai Banger di Pekalongan

Mahasiswa Unikal dan IPB Bersihkan Sungai Banger di Pekalongan

Slawipos.com – Mahasiswa Unikal dan IPB Bersihkan Sungai Banger di Pekalongan, Sebagai rangkaian Dies Natalis ke-42 Universitas Pekalongan (Unikal), mahasiswa Unikal dan Institut Pertanian Bogor (IPB) menggelar aksi bersih sungai di Jalan Slamet Kota Pekalongan, Sabtu (22/7/2023).

Aksi yang bertema “Aksi Pemuda Pekalongan Peduli Lingkungan” ini melibatkan TNI dan relawan dari berbagai komunitas peduli lingkungan, seperti Tim Jogo Kali Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Pekalongan, Komunitas World Clean-up Day (WCD) dan Save Pekalongan, Komunitas Peduli Kali Loji (KPPL), Masyarakat Penjaga Lingkungan (Masjali) dan Komunitas Sapulidi.

Ristiawati, Koordinator Pengabdian Masyarakat pada rangkaian Dies Natalis ke-42 Unikal mengatakan, aksi bersih sungai ini bertujuan untuk mengedukasi mahasiswa agar lebih peduli terhadap lingkungan, khususnya sungai yang tercemar oleh sampah.

“Kegiatan bersih sungai ini untuk membangun motivasi dan mengedukasi mahasiswa agar memiliki semangat untuk menjaga dan melindungi lingkungan. Setelah mengikuti kegiatan ini, mereka akan paham apa yang harus dilakukan untuk melestarikan sungai. Misalnya, mereka enggan mengotori sungai dan akan bersama-sama menjaga sungai agar bersih,” katanya.

Baca Juga :   SAPA 129, Layanan Baru untuk Melindungi Perempuan dan Anak dari Kekerasan di Jateng

Dalam aksi bersih sungai tersebut, DLH Kota Pekalongan menurunkan satu unit excavator untuk mengeruk tumpukan sampah yang mengendap di sungai. Mahasiswa dan relawan membantu mengumpulkan sampah yang telah diangkat ke dalam kantong plastik.

Di sisi lain, beberapa anggota TNI membersihkan tumpukan sampah di aliran sungai menggunakan alat sederhana. Mahasiswa dan relawan siap dengan kantong plastik besar untuk mengumpulkan sampah yang telah diangkat dari aliran sungai.

Salah satu peserta aksi bersih sungai, Nuroh (18), mahasiswa semester II Fakultas Hukum Unikal mengaku senang bisa berpartisipasi dalam kegiatan ini. Ia merasa belajar lebih peduli terhadap lingkungan.

“Saya senang dapat kesempatan untuk ikut berpartisipasi pada kegiatan bersih sungai ini. Dengan mengikuti kegiatan ini, saya belajar lebih peduli terhadap lingkungan. Semoga ke depan saya bisa berkontribusi lebih banyak lagi dalam upaya menjaga lingkungan,” ujarnya.