Slawi  

Kirab Toa Pe Kong Meriahkan Perayaan Sejit Kongco YM Ceng Gwan Cing Kun di Kota Tegal

Kirab Toa Pe Kong Meriahkan Perayaan Sejit Kongco YM Ceng Gwan Cing Kun di Kota Tegal

Slawipos.com – Kirab Toa Pe Kong Meriahkan Perayaan Sejit Kongco YM Ceng Gwan Cing Kun di Kota Tegal, Warga Kota Tegal yang beragama Konghucu merayakan Sejit Kongco YM Ceng Gwan Cing Kun tahun 2023 dengan menggelar kirab Toa Pe Kong, yaitu tandu yang berisikan patung dewa-dewa, pada Minggu, 16 Juli 2023.

Kirab dimulai dari Klenteng Tek Hay Kiong di Jl. Gurami dan berkeliling kota melalui beberapa jalan protokol. Kirab disambut antusias oleh warga sekitar yang menyaksikan prosesi tersebut.

Polres Tegal Kota menurunkan personel gabungan untuk mengamankan jalannya kirab. Kepala Bagian Operasi (Kabagops) Kompol Tuhirman mengatakan, pengamanan ini bertujuan untuk memberikan rasa aman kepada masyarakat dan menjaga toleransi beragama di Kota Tegal.

“Kami mengamankan seluruh rangkaian kegiatan, mulai dari persembahyangan dan doa bersama di klenteng, sampai kirab selesai. Ini merupakan bentuk kehadiran negara untuk melindungi masyarakat yang beragama Konghucu. Kami juga mengapresiasi keanekaragaman yang ada di Kota Tegal yang dapat hidup rukun dan damai,” ujar Kabagops.

Baca Juga :   UPDATE Harga Bahan Pokok Di Pasar Pagi Kota Tegal 13 Juli 2022

Sejit Kongco YM Ceng Gwan Cing Kun adalah perayaan tahun baru Imlek bagi umat Konghucu. Perayaan ini dilakukan dengan melakukan sembahyangan dan doa bersama di klenteng, serta menggelar kirab Toa Pe Kong sebagai simbol penghormatan kepada dewa-dewa.