Tekno  

Google Domains Akan Ditutup, Squarespace Akuisisi Aset Google Domains

Google Domains Akan Ditutup, Squarespace Akuisisi Aset Google Domains

Slawuipos.comGoogle Domains Akan Ditutup, Squarespace Akuisisi Aset Google Domains, Squarespace, sebuah platform pembuatan situs web, mengumumkan bahwa mereka telah menandatangani perjanjian pembelian aset dengan Google, di mana Squarespace akan mengakuisisi aset yang terkait dengan bisnis Google Domains. Hal ini termasuk “sekitar 10 juta domain yang dihosting di Google Domains yang tersebar di jutaan pelanggan.”

Google Domains adalah layanan registrasi domain yang diluncurkan oleh Google pada tahun 2015. Layanan ini menawarkan fitur-fitur seperti privasi domain gratis, dukungan email, dan integrasi dengan Google Workspace. Namun, tampaknya Alphabet, induk perusahaan Google, tidak tertarik untuk mempertahankan bisnis ini.

Menurut laporan Bloomberg, Squarespace akan mengakuisisi aset Google Domains dengan harga sekitar 180 juta dolar AS. Transaksi ini diharapkan akan selesai pada kuartal ketiga tahun 2023, setelah mendapatkan persetujuan dari regulator dan pemegang saham.

“Sangat membanggakan bagi kami untuk dipilih untuk melayani pelanggan bisnis Google Domains,” kata Anthony Casalena, pendiri dan CEO Squarespace, dalam pernyataan resmi. “Domain adalah bagian penting dari infrastruktur web dan bagian penting dari kehadiran online setiap bisnis.”

Baca Juga :   Google Khawatir Perpres Publisher Rights Batasi Konten Berita, Ini Kata Kominfo

Squarespace mengatakan bahwa mereka akan menghormati harga perpanjangan pelanggan Google Domains setidaknya selama 12 bulan setelah penutupan transaksi. Squarespace juga akan menjadi penyedia domain eksklusif untuk pelanggan yang membeli domain dari Google bersama dengan langganan Workspace mereka.

“Menyokong transisi yang lancar bagi pelanggan dalam beberapa bulan mendatang, dengan bantuan tim Google Domains, adalah prioritas utama kami,” kata Matt Madrigal, wakil presiden dan manajer umum belanja pedagang di Google. “Squarespace dapat menyediakan pengalaman terintegrasi dalam membeli dan mengelola domain bersama dengan menawarkan alat-alat lain yang mungkin dibutuhkan pelanggan ini untuk membangun kehadiran online mereka.”

Dengan akuisisi ini, Squarespace berharap dapat meningkatkan pertumbuhan dan pendapatannya, serta memperluas pangsa pasarnya. Squarespace sendiri baru saja melantai di bursa saham New York pada bulan Mei lalu dengan valuasi sekitar 7 miliar dolar AS