Tekno  

Gmail Hadirkan Fitur “Help Me Write” Berbasis AI, Menulis E-mail Jadi Lebih Mudah

Gmail Hadirkan Fitur Help Me Write Berbasis AI

Slawipos.com – Gmail Hadirkan Fitur “Help Me Write” Berbasis AI, Menulis E-mail Jadi Lebih Mudah, Google baru saja meluncurkan fitur baru untuk Gmail di Android dan iOS, yaitu “Help me write”.

Fitur ini memanfaatkan kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI) untuk membantu pengguna menulis e-mail dengan lebih cepat dan mudah. Fitur ini pertama kali diumumkan Google pada acara konferensi pengembang Google I/O pada akhir Mei lalu. Kini, fitur “Help me write” sudah bisa diakses oleh pengguna yang terdaftar dalam program Workspace Lab.

Program ini adalah tempat untuk mencoba fitur-fitur baru Google Workspace sebelum dirilis secara umum. Cara menggunakan fitur “Help me write” adalah dengan menekan tombol berikon pensil berwarna hijau di sudut kanan bawah kolom e-mail di Gmail.

Setelah itu, pengguna bisa memasukkan perintah dalam bentuk teks, misalnya “Tulis e-mail ucapan selamat ulang tahun untuk Pak Budi”. Kemudian, tekan menu “Create” untuk membuat e-mail sesuai perintah. E-mail yang dibuat oleh AI akan ditampilkan di kolom utama e-mail untuk ditinjau oleh pengguna.

Baca Juga :   Jaringan 2G Masih Diperlukan atau Tidak? Ini Kata Kemenhub dan Operator Seluler

Jika ada yang perlu diperbaiki, pengguna bisa meminta Gmail untuk mengedit e-mail dengan menu “Help me write” yang tersedia. Misalnya, mengubah gaya bahasa menjadi lebih formal atau informal, atau menyederhanakan kalimat yang terlalu panjang.

Proses editing ini akan terlihat secara langsung oleh pengguna setelah menekan tombol “Replace”. Selain fitur “Help me write”, Google juga menghadirkan fitur berbasis AI lainnya di Google I/O. Salah satunya adalah fitur “Magic Editor” untuk Google Photos. Fitur ini bisa menghapus objek tertentu dari foto, atau memindahkan objek ke posisi lain