Gempa Tektonik 5.5 Magnitudo Mengguncang Kepulauan Tanibar – Maluku

Ilustrasi Getaran Gempa BMKG

Slawipos.com – Gempa Tektonik 5.5 Magnitudo Mengguncang Kepulauan Tanibar – Maluku, Sebuah gempa bumi tektonik dengan kekuatan 5,5 magnitudo menggoyang wilayah Kabupaten Kepulauan Tanimbar, Maluku, pada Minggu (28/5/2023) sekitar pukul 04.36 WIT. Menurut data dari Stasiun Geofisika Ambon, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), gempa tersebut terjadi di laut dengan titik koordinat 6.08 Lintang Selatan dan 130.53 Bujur Timur. Lokasi gempa berada sekitar 177 km arah barat laut Larat, Tanimbar dan 186 km arah selatan Banda, Maluku Tengah. Kedalaman gempa mencapai 157 km.

BMKG menyatakan bahwa gempa tersebut tidak memiliki potensi menimbulkan gelombang tsunami1. Hingga saat ini, belum ada laporan mengenai adanya korban jiwa atau kerusakan akibat gempa tersebut. Kepala Bidang Pemberdayaan Sosial, Dinas Sosial Kabupaten Kepulauan Tanimbar, Erik Uruwatuw mengatakan bahwa getaran gempa tidak terasa oleh warga di daerah tersebut1.

Gempa di Tanimbar ini merupakan salah satu dari serangkaian gempa yang terjadi di wilayah Maluku dalam beberapa bulan terakhir. Pada bulan Januari 2023, gempa berkekuatan magnitudo 7,5 juga mengguncang wilayah yang sama dan menyebabkan puluhan rumah rusak parah serta satu warga terluka2. Gempa tersebut juga menimbulkan fenomena munculnya dataran kecil menyerupai pulau baru di dekat pantai3. Selain itu, pada bulan Mei 2023, gempa berkekuatan magnitudo 6,2 juga terjadi di Laut Saumlaki, Maluku4.

Baca Juga :   Kemenhub Tunggu Hasil Uji Coba Sebelum Terbitkan Izin Operasional Kereta Cepat Jakarta-Bandung

Maluku merupakan salah satu wilayah yang rawan gempa karena berada di zona subduksi Banda, yaitu pertemuan antara lempeng Indo-Australia dan lempeng Eurasia4. BMKG mengimbau masyarakat untuk tetap waspada dan mengikuti informasi resmi dari pihak berwenang terkait potensi gempa dan tsunami di wilayah tersebut.