KIM Kraton Kidul Pamerkan Batik dan Teknologi di Surabaya, Wali Kota Pekalongan Bangga

KIM Kraton Kidul Pamerkan Batik dan Teknologi di Surabaya, Wali Kota Pekalongan Bangga

Pekalongan – KIM Kraton Kidul Pamerkan Batik dan Teknologi di Surabaya, Sebagai perwakilan Provinsi Jawa Tengah, Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) Kraton Kidul Kota Pekalongan berpartisipasi dalam KIM Festival 2023 yang digelar di Balai Pemuda Surabaya. Acara ini dibuka oleh Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik (IKP) Kementerian Komunikasi dan Informatika RI, Usman Kansong, pada Jumat (27/10/2023).

KIM Kraton Kidul menampilkan produk unggulan mereka di stan pameran, yaitu kain dan pakaian batik khas Pekalongan yang dibuat dengan teknologi digital. Selain itu, mereka juga memaparkan aktivitas dan prestasi yang telah mereka raih dalam bidang informasi dan komunikasi.

Zaenal Muhibbin, Ketua KIM Kraton Kidul, mengatakan bahwa tujuan mereka mengikuti KIM Festival 2023 adalah untuk memperkenalkan KIM mereka kepada masyarakat luas, mendapatkan pengakuan dari pemerintah pusat, dan memperluas jejaring dengan KIM-KIM lain di seluruh Indonesia.

“Kami ingin menunjukkan bahwa KIM kami tidak hanya sekadar menyebarkan informasi, tapi juga berkreasi dan berinovasi dengan teknologi. Kami juga ingin terhubung dengan pemerintah pusat agar bisa mendapatkan dukungan dan bantuan untuk mengembangkan KIM kami,” ujar Zaenal.

Baca Juga :   Desa Sendang Raih Nilai Istimewa dalam Penilaian Desa Antikorupsi KPK

Zaenal menambahkan bahwa KIM Kraton Kidul memiliki dua target utama, yaitu sholeh spiritual dan sosial. Ia menjelaskan bahwa KIM Kraton Kidul berusaha untuk menyampaikan informasi yang benar, bermanfaat, dan sesuai dengan kebutuhan masyarakat, khususnya UMKM. Selain itu, KIM Kraton Kidul juga mengajarkan anggotanya untuk memfilter dan memilah informasi yang ada di media sosial, agar tidak terjebak dalam hoaks atau disinformasi.

“Kami menggunakan berbagai cara untuk mendiseminasikan informasi, seperti pamflet, gethok tular, kumpul warga, arisak RT, RW, PKK, hingga sosialisasi bakda salat jemaah. Kami juga memanfaatkan mikrofon yang biasanya untuk mengabarkan kabar duka, kami gunakan untuk menyampaikan informasi penting,” papar Zaenal.

Sementara itu, Wali Kota Pekalongan, Saelany Mahfudz, yang turut hadir dalam pembukaan KIM Festival 2023, mengungkapkan rasa bangganya terhadap KIM Kraton Kidul. Ia mengapresiasi kinerja dan kreativitas KIM Kraton Kidul dalam mengembangkan informasi dan komunikasi di Kota Pekalongan.

“KIM Kraton Kidul adalah salah satu KIM terbaik di Kota Pekalongan. Mereka sudah banyak berkontribusi untuk meningkatkan kesejahteraan dan pengetahuan masyarakat. Saya berharap mereka bisa meraih prestasi di KIM Festival 2023 ini dan menjadi inspirasi bagi KIM-KIM lainnya,” kata Saelany.

Baca Juga :   Sragen Raih Peringkat III Kabupaten Paling Berkelanjutan di Indonesia

Di tempat yang sama, Dirjen IKP Usman Kansong menyatakan bahwa KIM memiliki peranan penting di era teknologi digital saat ini. Ia mengatakan bahwa KIM harus bisa menjadi agen perubahan yang menyampaikan informasi yang positif, edukatif, dan konstruktif kepada masyarakat. Ia juga mengatakan bahwa KIM harus bisa menjadi rumah penjernih yang memberantas hoaks atau disinformasi yang meresahkan masyarakat.

“KIM adalah komunitas yang berdiskusi dalam kesetaraan dan bottom up. KIM adalah mitra strategis pemerintah dalam membangun komunikasi publik yang efektif dan efisien. Saya mengapresiasi kerja keras teman-teman KIM yang rela berkorban untuk masyarakat,” tutur Usman.