Musim Kemarau Panjang, Kasus Kebakaran di Semarang Meningkat

Musim Kemarau Panjang, Kasus Kebakaran di Semarang Meningkat

Slawipos.com – Musim Kemarau Panjang, Kasus Kebakaran di Semarang Meningkat, Masyarakat di Kabupaten Semarang diminta untuk mewaspadai bencana kebakaran yang dapat terjadi di tengah musim kemarau panjang tahun ini. Hal ini disampaikan oleh Bupati Semarang Ngesti Nugraha, usai apel gelar pasukan satgas penanganan kebakaran hutan dan lahan di Alun-alun Bung Karno, Kalirejo, Ungaran Timur, Kamis (24/8/2023).

Bupati Semarang mengatakan, jumlah kasus kebakaran di Kabupaten Semarang cenderung meningkat akibat fenomena El Nino yang menyebabkan kemarau berkepanjangan. Menurut data Satpol PP dan Damkar Kabupaten Semarang, pada Bulan Agustus ini, terjadi 23 kasus kebakaran. Angka itu meningkat tajam dibandingkan tujuh bulan sebelumnya yang hanya terjadi 53 kasus.

“Masyarakat kami minta untuk waspada dan berhati-hati. Jangan mudah membakar semak-semak,” tegas bupati.

Bupati Semarang berharap, dengan digelarnya apel tersebut dapat menyinergikan kinerja seluruh aparat penanganan bencana kebakaran. Sehingga, diharapkan penanganan musibah kebakaran dapat lebih efektif.

Kepala Satpol PP dan Damkar Kabupaten Semarang Anang Sukoco menjelaskan, pihaknya telah menginstruksikan jajaran Damkar meningkatkan kesiapsiagaan menanggapi permintaan pertolongan warga. Personel di empat pos Damkar diimbau terus berkoordinasi, untuk mengantisipasi dan menangani kasus kebakaran yang terjadi secara cepat.

Baca Juga :   Wagub Jateng Touring Gayeng dengan Vespa Listrik, Ganjar Puji Tidak Pamer Motor Mewah

Kepala Pelaksana Harian BPBD Kabupaten Semarang Juwair Suntara menjelaskan, sinergi aparat terbukti mampu menjinakkan kebakaran lahan di perbatasan Kecamatan Bergas dan Pringapus beberapa waktu lalu.

“BPBD bekerja sama dengan Satuan Damkar dibantu relawan dan masyarakat, mampu mencegah meluasnya lahan yang terbakar,” terangnya.