Ribuan Siswa Kurang Mampu di Kabupaten Semarang Terima Beasiswa

Ribuan Siswa Kurang Mampu di Kabupaten Semarang Terima Beasiswa

Slawipos.com – Ribuan Siswa Kurang Mampu di Kabupaten Semarang Terima Beasiswa, Ribuan siswa sekolah dasar (SD) dan sekolah menengah pertama (SMP) sederajat di Kabupaten Semarang mendapatkan bantuan beasiswa dari Pemerintah Kabupaten Semarang. Beasiswa ini bertujuan untuk mendukung penuntasan wajib belajar sembilan tahun dan mencegah siswa putus sekolah karena faktor ekonomi.

Beasiswa diserahkan secara simbolis oleh Bupati Semarang Ngesti Nugraha kepada perwakilan siswa, di pendapa rumah dinas bupati, Kamis (3/8/2023) siang. Hadir juga dalam acara tersebut Kepala Dinas Pendidikan Kebudayaan Pemuda dan Olahraga (Disdikbudpora) Kabupaten Semarang Sukaton Purtomo Priyatmo, para kepala sekolah, dan orang tua siswa.

Bupati Ngesti Nugraha mengatakan bahwa beasiswa ini merupakan bentuk perhatian dan tanggung jawab pemerintah daerah terhadap dunia pendidikan. Ia berharap agar beasiswa ini bisa dimanfaatkan dengan baik oleh para siswa untuk memenuhi kebutuhan pendidikan mereka.

“Jangan ada lagi anak putus sekolah karena tidak ada biaya. Gunakan beasiswa untuk beli buku atau tas. Beli pulsa untuk belajar, boleh. Kalau untuk nge-game, jangan ya,” selorohnya.

Baca Juga :   Jateng Raih Insentif Rp5,97 Miliar dari Pusat, Ini Alasannya

Sementara itu, Kepala Disdikbudpora Sukaton Purtomo Priyatmo menjelaskan bahwa pemberian beasiswa ini juga bertujuan untuk memberi motivasi siswa agar semakin giat belajar. Ia mengatakan bahwa para penerima beasiswa berasal dari 98 SMP dan 42 Madrasah Tsanawiyah (MTs), serta dari 492 SD dan 77 Madrasah Ibtidaiyyah (MI).

“Kami berharap beasiswa ini bisa membantu meningkatkan prestasi siswa di Kabupaten Semarang,” ujarnya.

Sebagai informasi, sebanyak 1.500 siswa SMP sederajat mendapatkan beasiswa masing-masing Rp750 ribu. Sedangkan 3 ribu siswa SD sederajat, menerima masing-masing Rp500 ribu. Total beasiswa yang disalurkan Rp2,625 miliar.