Slawi  

Bangga! Mahasiswa IBN Tegal Diterbangkan ke Batam untuk Program PPL

Mahasiswa IBN Tegal Diterbangkan ke Batam untuk Program PPL

Slawipos.com – Mahasiswa IBN Tegal Diterbangkan ke Batam untuk Program PPL, Beberapa mahasiswa dari Institut Agama Islam Bakti Negara (IBN) Kabupaten Tegal mendapat kesempatan untuk pergi ke Batam, Kepulauan Riau (Kepri).

Mereka adalah mahasiswa Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan yang akan menjalani Program PPL Terintegrasi di Batam sampai Oktober 2023.

Pelepasan mahasiswa ini dilakukan oleh Rektor IBN Tegal Dr Saepudin pada hari Jumat, 7 Juli 2023.

Dr Saepudin menjelaskan, kegiatan ini merupakan bagian dari program Kerjasama Antar Perguruan Tinggi antara IBN Tegal dan Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah (STIT) Pemalang. Yang berkolaborasi dengan Insan Cita Daycare, Batam Kepulauan Riau.

Dr Saepudin mengatakan, di sana mahasiswa akan melaksanakan praktikum mengajar di PAUD. Serta melakukan pengabdian kepada masyarakat sebagai salah satu tugas Tri Dharma Perguruan Tinggi.

‘‘Sekarang ini IBN Tegal sedang menciptakan program PPL-KKN Integratif baik ke Luar Negeri maupun ke Luar Provinsi Dalam Negeri, sebagai langkah IBN Tegal mengembangkan diri ke luar negeri,’’ ujar Dr Saepudin.

Baca Juga :   Letkol Imir Faishal Jabat Danbrig-4/DR, Janji Lanjutkan Program Pendahulunya

Dia menyampaikan, program PPL dan KKN ini adalah yang pertama kali diadakan di IBN Tegal.

Pihaknya juga sudah merencanakan kerjasama tidak hanya antar pulau tetapi juga antar negara seperti Thailand, Malaysia atau bahkan Eropa.

Untuk kerjasama internasional antar perguruan tinggi pihaknya sudah serius dengan cara memperluas jaringan. Dan tentu menyiapkan mahasiswa atau dosennya mahir berbahasa arab dan inggris.

Dalam acara yang sama, arahan dari Dekan Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Moh Shobirin juga memberi pesan bahwa Mahasiswa PIAUD yang akan berbakti lewat PPL dan KKN di Batam harus bisa menjaga sikap atau akhlak yang baik.

‘‘Karena yang baik di Tegal belum tentu baik di Batam. Begitu juga sebaliknya. Karena Islam mengajarkan untuk menjaga satu sama lain dalam hal pergaulan untuk saling menghormati,’’ katanya.