Slawi  

Festival Seni dan Budaya Jadi Syarat Sekolah di Kabupaten Tegal saat Bupati Tilik Desa 2023

Festival Seni dan Budaya Jadi Syarat Sekolah di Kabupaten Tegal saat Bupati Tilik Desa 2023

Slawipos.com – Festival Seni dan Budaya Jadi Syarat Sekolah di Kabupaten Tegal saat Bupati Tilik Desa 2023, Plt Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Tegal Fakikhurohim menetapkan bahwa setiap sekolah harus mengikuti kegiatan Festival Senin dan Budaya yang diselenggarakan dalam rangka Bupati Tilik Desa 2023.

Hal itu disampaikan saat membuka acara Festival Seni dan Budaya di Desa Wringin Jenggot, Kecamatan Balapulang, Kabupaten Tegal, Selasa 4 Juli 2023 siang.

Ia mengatakan, Festival Seni dan Budaya yang diinisiasi oleh Dewan Kebudayaan Daerah Kabupaten Tegal (DKD-KT) dan Dewan Kesenian Kabupaten Tegal (DKKT) tersebut merupakan kegiatan yang positif.

Selain itu, juga akan sangat bermanfaat bagi kalangan pelajar dan masyarakat secara luas.

Meski kegiatan itu diharapkan dapat diikuti tiap desa di kecamatan yang menjadi lokasi tilik desa, tetapi pihaknya ingin semua sekolah terlibat atau mengikuti.

”Ini semua dalam rangka menjaga dan melestarikan seni dan budaya di Kabupaten Tegal. Karena itu, kami mewajibkan sekolah di Kabupaten Tegal mengikuti kegiatan festival seni dan budaya pada saat kegiatan itu dilaksanakan di tiap kecamatan,” ujarnya saat memberikan sambutan dan membuka acara Festival Seni dan Budaya.

Baca Juga :   Dojo Karate Kim Bushido Tegal Juara Umum di Wiharto Cup Tingkat Jateng

Fakikhurohim memiliki alasan kuat untuk menetapkan hal tersebut. Dia melihat kegiatan Festival Seni dan Budaya di Kecamatan Balapulang kurang mendapat respon.

Di mana pesertanya sangat sedikit dibandingkan dengan kegiatan yang dilakukan di Kecamatan Margasari, Bumijawa, dan Bojong.

”Jangan sampai kegiatan yang positif seperti ini tidak mendapat respon yang baik. Karena itu, nanti di kecamatan lain, utusan dari sekolah, baik SD maupun SMP harus tampil dalam Festival Seni dan Budaya yang digagas Dewan Kebudayan Daerah Kabupaten Tegal (DKD-KT) dan Dewan Kesenian Kabupaten Tegal (DKKT),” tegasnya.

Diketahui, kegiatan Festival Seni dan Budaya dalam rangka Bupati Tilik Desa 2023 dilakukan sehari, sebelum acara Dialog Interaktif Bupati Bersama Masyarakat dalam rangka Bupati Tilik Desa 2023 yang dilakukan Rabu.

Selain diisi utusan dari desa dan sekolah, kegiatan tersebut ada juga menampilkan bintang tamu yang disiapkan untuk memeriahkan acara.

Pada hari berikutnya, sebelum bupati dialog interaktif bersama masyarakat, Pemkab Tegal menyediakan pelayanan publik. Mulai dari pelayanan kependudukan, perpanjangan SIM, kesehatan dan pelayanan lainnya.