Slawi  

Dari Kecelakaan Bus di Guci, Sekat Kabin Sopir pada Bus Jadi Vital

Dari Kecelakaan Bus di Guci, Sekat Kabin Sopir pada Bus Jadi Vital

Slawipos.com – Dari Kecelakaan Bus di Guci, Sekat Kabin Sopir pada Bus Jadi Vital, Pada awal Mei 2023, kasus kecelakaan bus pariwisata yang masuk jurang di daerah pariwisata Guci, Kabupaten Tegal, Jawa Tengah menjadi kabar yang banyak mendapat perhatian. Bermunculan berbagai spekulasi dan analisa terkait penyebab dari kecelakaan bus tersebut.

Rem tangan yang ditarik oleh anak kecil menjadi salah satu narasi yang mengiringi penyebab kejadian kecelakaan bus tersebut. Oleh karena itu, menurut kru bus penting bila kabin disematkan sekat pemisah. Sehingga kru bus, terutama ruang sopir terhindar dari tangan jahil.

Eko, salah satu sopir bus dari PO Agra Mas, mengatakan, tangan jahil yang kerap penasaran dengan area pengemudi sangat berbahaya.

“Misalnya penumpang anak kecil, mereka yang penasaran pasti ingin menyentuh area kemudi sopir bus. Kalau ada yang salah sentuh atau salah tarik sangat fatal,” kata Eko kepada Kompas.com saat ditemui langsung di Terminal Baranangsiang, Bogor, Senin (26/6/2023).

Terkait dengan kasus kecelakaan di Guci, menurut Eko terlepas benar atau tidak mengenai dugaan ada anak kecil yang menarik rem tangan, menurutnya keberadaan sekat pemisah di kabin bus sangat penting.

Baca Juga :   Bupati Tegal Umi Azizah : Dispensasi Kawin Anak di Bawah Umur Hanyalah Pintu Darurat

Apalagi, pada area sopir bus terdapat beberapa kendali kendaraan baik itu tombol atau tuas yang tidak banyak orang awam paham fungsinya. Bila ada pihak yang dengan sengaja menyentuh tanpa tahu fungsinya, akan menjadi bahaya bagi banyak nyawa.

“Tapi kalau ada sekat pemisah, akan menghindari hal tersebut. Dari sisi keselamatan tentunya jadi lebih meningkat,” kata Eko.