Slawi  

Oknum Warga Bakar Sampah, Lahan 3,5 Hektare di Bumijawa Terbakar

Oknum Warga Bakar Sampah, Lahan 3,5 Hektare di Bumijawa Terbakar

Slawipos.com – Oknum Warga Bakar Sampah, Lahan 3,5 Hektare di Bumijawa Terbakar, Sebuah insiden kebakaran lahan terjadi di Desa Sukasari Kecamatan Bumijawa Kabupaten Tegal, Sabtu 23 September 2023. Lahan seluas 3,5 hektare yang ditumbuhi bambu dan tanaman keras lainnya ludes dilalap api.

Diduga api berasal dari sampah yang dibakar oleh salah seorang oknum warga yang tidak bertanggungjawab. Akibat angin kencang, api menjalar hingga ke lahan bambu yang berlokasi tidak jauh dari tempat pembakaran sampah.

Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Tegal Elliya Hidayah melalui sekretarisnya, Danang, mengatakan bahwa warga sekitar melihat kobaran api yang mulai membesar pada pukul 17.35 WIB. Warga kemudian menghubungi relawan PB Sehati, yang meneruskan informasi tersebut ke jajaran Polsek Bumijawa, Koramil, dan BPBD.

“Tim gabungan baru mampu menjinakkan sebaran api pada pukul 21.26 WIB. Upaya pemadaman sebaran api yang kami lakukan dibantu TNI, Polri, Damkar, Relawan PB Sehati, Banser, dan unsur masyarakat,” ujarnya.

Beruntung tidak ada kerugian yang berarti dan korban jiwa dalam insiden kebakaran lahan tersebut. Namun, Danang mengimbau agar masyarakat lebih berhati-hati dalam membakar sampah di lahan.

Baca Juga :   Nikah Gratis di Mal Pelayanan Publik Kabupaten Tegal Satya Dahayu

“Kami berharap bagi masyarakat yang berniat membersihkan lahan, bila hendak membakar sampah dari hasil pembersihan harus tetap dijaga. Hal ini agar kejadian serupa tidak terjadi di kemudian hari,” pesannya.***