Slawi  

Bupati Tegal Resmikan Mushola dan Kantin Sehat di SMPN 1 Slawi

Bupati Tegal Resmikan Mushola dan Kantin Sehat di SMPN 1 Slawi

Slawipos.com – Bupati Tegal Resmikan Mushola dan Kantin Sehat di SMPN 1 Slawi, Bupati Tegal, Umi Azizah, meresmikan Mushola Baitul Atiq dan kantin sehat di SMPN 1 Slawi, Sabtu (12/8/2023). Ia berharap, fasilitas tersebut bisa dimanfaatkan oleh siswa dan guru untuk meningkatkan kualitas rohani dan jasmani mereka.

Acara peresmian dihadiri oleh Kepala Sekolah, ratusan siswa, dan perwakilan dari alumni, wali murid, Baznas, dan Dinas Sosial Kabupaten Tegal. Bupati Tegal mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah berkontribusi dalam pembangunan mushola dan kantin sehat tersebut.

“Mushola ini bisa memberikan warga sekolah kehidupan beragama dan berkebudayaan yang baik. Siswa bisa mendapatkan tempaan ruhiyah dan mengasah intelektualitas spiritualnya. Kantin sehat ini bisa menyediakan makanan dan minuman yang bergizi, higienis, dan aman dikonsumsi,” kata Umi.

Umi juga menitipkan pesan agar mushola dan kantin sehat tersebut dijaga kebersihannya dan difungsikan dengan baik. Ia menginginkan agar sekolah-sekolah lain di Kabupaten Tegal juga menerapkan program kantin sehat sebagai bagian dari upaya kesehatan sekolah.

Baca Juga :   Perubahan APBD Kabupaten Tegal 2022 kabarnya tidak diloloskan Gubernur Jawa Tengah

“Saya titip pesan jaga kebersihannya, hidupkan fungsinya sebagai tempat salat, sarana dakwah dan penyebaran ilmu pengetahuan. Kantin sehat ini syaratnya harus bersih, bangunannya permanen, jauh dari tempat sampah, serta sejumlah kriteria sehat lainnya. Ini juga kaitannya dengan edukasi perilaku siswa yang harus sehat,” ujarnya.

Kepala Sekolah SMPN 1 Slawi, Mujiarti, mengapresiasi partisipasi para alumni yang telah menyumbang dana untuk memperbaiki mushola. Ia juga mengucapkan terima kasih kepada Baznas dan Dinas Sosial yang telah memberikan bantuan untuk memperbaharui kantin.

“Alhamdulillah, Musala ini bisa dibangun dan diperbaiki dengan anggaran dari para alumni dan ada juga sumbangan dari wali murid, termasuk dari para guru. Kantin ini juga telah diperbaharui dengan bantuan Rp25,5 juta dari Baznas. Kami atas nama SMPN 1 Slawi menghaturkan ucapan terima kasih atas kepedulian semua pihak,” katanya.

Mujiarti menuturkan, mushola dan kantin sehat ini merupakan fasilitas yang sangat dibutuhkan oleh warga sekolah. Ia berharap, fasilitas tersebut bisa memberikan manfaat bagi siswa dan guru dalam meningkatkan prestasi akademik maupun non-akademik.

Baca Juga :   IBN Tegal Merambah Mancanegara, Kirim Mahasiswa ke Batam

“Mushola ini bisa menjadi tempat untuk mengembangkan potensi rohani siswa, seperti salat berjamaah, mengaji, atau berdzikir. Kantin sehat ini bisa menjadi tempat untuk menyediakan makanan bergizi yang mendukung kesehatan fisik siswa. Kami ingin siswa kami tumbuh menjadi generasi yang cerdas, sehat, dan berakhlak mulia,” pungkasnya.