Tekno  

Menkominfo Targetkan BTS 4G di Desa Buwun Mas Berfungsi Sebelum 17 Agustus

Menkominfo Targetkan BTS 4G Rampung Tahun Ini

Slawipos.com – Menkominfo Targetkan BTS 4G di Desa Buwun Mas Berfungsi Sebelum 17 Agustus, Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Budi Arie Setiadi meninjau pembangunan Base Trensceiver Station (BTS) 4G di Desa Buwun Mas, Kecamatan Sekotong, Kabupaten Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat, Kamis (27/7). Ia menargetkan, BTS 4G tersebut berfungsi sebelum 17 Agustus nanti.

Budi Arie mengatakan, pembangunan BTS 4G ini bertujuan untuk meningkatkan akses internet bagi masyarakat, khususnya di fasilitas publik seperti pendidikan dan kesehatan. Ia berharap, dengan akses internet yang baik, masyarakat dapat mendapatkan informasi yang relevan dan berkualitas.

“Pembangunan BTS tentu memiliki tujuan utama untuk meningkatkan akses internet di fasilitas publik di seluruh Indonesia,” ujar Budi Arie dikutip dari Antara.

Budi Arie menyatakan, pembangunan BTS 4G ini merupakan langkah nyata dan keseriusan pemerintah dalam melakukan pemerataan pembangunan infrastruktur digital. Termasuk di desa.

“Ke depan, akses internet di Indonesia akan makin cepat dan terjangkau, terutama bagi daerah-daerah yang sebelumnya mengalami kesulitan dalam mendapatkan layanan internet,” ucapnya.

Baca Juga :   Twitter Berpotensi Digugat karena Ganti Nama dan Logo Jadi X

Budi Arie menegaskan, masyarakat yang tinggal di daerah tertinggal, terluar dan terdepan (3T) juga berhak mendapatkan layanan yang sama seperti masyarakat di perkotaan. Sehingga, mereka juga bisa merasakan kemudahan seperti di kota.

“Jadi, semua BTS, semua akses digitalisasi, harus diwujudkan ke seluruh masyarakat Indonesia tanpa terkecuali. Jadi, saya sudah bilang kepada Pak Presiden kalau di kota sudah tidak ada lagi persoalan sinyal, yang perlu menjadi perhatian itu ada di desa-desa,” katanya.

Budi Arie mengatakan, akses internet yang baik akan sangat membantu sektor pendidikan dan kesehatan. Di bidang pendidikan, anak didik tidak akan tertinggal informasi dan dapat membuka cakrawala pengetahuan. Di bidang kesehatan, ia menyebut ada 1.200 Puskesmas yang belum memiliki akses internet.

“Saya juga baru dapat daftar dari Menteri Kesehatan, ternyata ada 1.200 Puskesmas yang belum punya akses internet, saya rasa salah satunya ada juga di NTB,” ujarnya.

Mengingat pentingnya akses internet, Budi Arie menegaskan tidak ingin ada proyek pembangunan BTS 4G terbengkalai. Penyelesaian BTS 4G harus dilakukan dengan cepat.

Baca Juga :   Galaxy S24 Ultra Bakal Punya Fast Charging 65W, Ini Rahasianya

“Memang towernya sudah berdiri dan siap berfungsi, tinggal kita rapikan beberapa hal. Terutama perjanjian-perjanjian dengan operator seluler. Dan kita sudah berjanji sebelum 17 Agustus nanti bisa digunakan untuk melayani masyarakat,” tandasnya.

Dalam kunjungan ini, Budi Arie sempat berbincang dengan pegiat wisata, tenaga pendidik serta warga lokal mengenai penggunaan internet untuk kegiatan produktif masyarakat.

Dalam kunjungan ke NTB, Menkominfo Budi Arie Setiadi didampingi Direktur Jenderal Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika, Ismail, serta Pelaksana Tugas Direktur Utama BAKTI Kominfo, Arief Tri Hardiyanto.