Tekno  

PS5 Kalahkan Xbox Series X|S Dengan Jualan 40 Juta Unit

Ilustrasi PS5 2023

Slawipos.com – PS5 Kalahkan Xbox Series X|S Dengan Jualan 40 Juta Unit, Sony mengumumkan prestasi baru dalam persaingan konsol generasi terbaru. Mereka berhasil menjual 40 juta unit PS5 hingga 16 Juli 2023, mengungguli penjualan Xbox Series X|S yang hanya mencapai 21 juta unit per Juni 2023.

Angka penjualan PS5 ini terungkap dalam laporan keuangan Sony untuk kuartal pertama tahun fiskal 2023. Sony mengatakan bahwa peningkatan ketersediaan PS5 di pasar global telah membantu mereka memenuhi permintaan yang tinggi dari para gamer.

Meski demikian, Sony mengakui bahwa pencapaian ini lebih lambat dibandingkan dengan PS4, yang mampu menjual 40 juta unit dua bulan lebih cepat. Sony menyalahkan pandemi Covid-19 dan krisis chip global sebagai faktor-faktor yang menghambat produksi dan distribusi PS5.

Sementara itu, Xbox Series X|S harus puas berada di posisi ketiga dalam perang konsol, di bawah PS5 dan Nintendo Switch. Microsoft melaporkan penurunan pendapatan perangkat keras Xbox sebesar 13% pada kuartal keempat tahun fiskal 2021, yang berakhir pada 30 Juni 2023.

Baca Juga :   Microsoft Mulai Matikan Aplikasi Cortana di Windows 11, Siapkan Pengganti Baru

Microsoft juga mengaku kalah dalam perang konsol dalam dokumen pengadilan yang diajukan untuk membela akuisisi Activision Blizzard senilai USD 69 miliar. Microsoft mengatakan bahwa Xbox “secara konsisten menempati peringkat ketiga (dari tiga) di belakang PlayStation dan Nintendo dalam penjualan”.

Microsoft berharap bahwa dengan mengakuisisi Activision Blizzard, mereka bisa meningkatkan daya saing mereka di industri game, terutama di segmen game online dan mobile. Namun, akuisisi ini masih menunggu persetujuan dari regulator antimonopoli di berbagai negara.