Bisnis  

BCA Bantah Ada Jasa Bobol Akun myBCA dengan Nama dan Nomor Rekening

Kantor Bank BCA dan logonya 2023

Slawipos.comBCA Bantah Ada Jasa Bobol Akun myBCA dengan Nama dan Nomor Rekening, Bank BCA membantah adanya jasa yang menawarkan kemampuan untuk login dan mengakses akun rekening myBCA hanya dengan menggunakan nama dan nomor rekening nasabah. Jasa tersebut viral di media sosial setelah muncul di website BreachForums dengan harga US$ 500 atau sekitar Rp 7,5 juta.

BCA menegaskan bahwa akses myBCA hanya bisa dilakukan oleh nasabah yang bersangkutan dengan menggunakan BCA ID, password, PIN, dan OTP yang dibuat masing-masing nasabah. BCA juga mengimbau nasabah untuk berhati-hati terhadap modus penipuan yang mengincar data pribadi perbankan.

“Dapat kami sampaikan bahwa di aplikasi mobile myBCA akses hanya dapat dilakukan dengan menggunakan BCA ID dan password yang dibuat oleh nasabah sendiri. Transaksi finansial hanya dapat dilakukan dengan PIN yang hanya diketahui oleh nasabah,” ujar Hera Haryn, EVP Corporate Communication & Social Responsibility BCA dalam keterangan resminya, Kamis (27/7/2023).

Hera menambahkan bahwa untuk akses website myBCA, transaksi finansial hanya dapat dilakukan dengan OTP (One Time Password) dari token KeyBCA. “Oleh karena itu, maka BCA senantiasa mengimbau nasabah setia untuk selalu berhati-hati terhadap oknum yang mengatasnamakan BCA dan berbagai modus penipuan yang bertujuan untuk mengetahui data nasabah,” katanya.

Baca Juga :   Tarif LRT Jabodebek Mulai Rp 5.000-Rp 25.000, Balik Modal 13 Tahun

Hera juga mengingatkan jangan pernah nasabah membagikan data pribadi perbankan yang bersifat rahasia seperti BCA ID, password, nomor kartu ATM, PIN, dan OTP kepada siapapun. Dia mengatakan bahwa BCA selalu melakukan pengamanan data dengan menerapkan strategi dan standar keamanan secara berlapis serta mitigasi risiko yang diperlukan.

“Seluruh strategi dan penerapan standar keamanan tersebut selalu dievaluasi dan di-update dari waktu ke waktu dengan memperhatikan perkembangan keamanan siber dan transaksi digital,” tutup Hera.