Slawi  

Jelang Hari Raya Idul Adha 2023, penjual hewan kurban bermunculan di wilayah Slawi

Jelang Hari Raya Idul Adha 2023, penjual hewan kurban bermunculan di wilayah Slawi

Slawipos.com – Jelang Hari Raya Idul Adha 2023, penjual hewan kurban bermunculan di wilayah Slawi – Kabupaten Tegal, Mereka menyiapkan stoknya jauh hari sebelum Hari Raya tiba dengan harga yang bervariatif, mulai dari yang murah hingga yang mahal.

Abdul Basir, salah satu penjual hewan kurban, menjual kambing dengan harga termurah Rp2 juta dan yang mahal mencapai Rp6 jutaan. Dia menyediakan kambing yang murah dan mahal agar pembeli bisa memilih. Menurutnya, berternak kambing itu ada kepuasan tersendiri karena bisa membantu orang yang hendak beribadah.

Setiap Idul Adha, Basir bisa menjual hingga 200 ekor kambing. Saat ini, dia sudah menyiapkan stok lebih dari 200 ekor dengan mayoritas jenis domba Merino Dieng karena ciri khas dagingnya lebih bagus dan sedikit lemak.

Untuk mencegah polusi udara kandang kambingnya, Basir menggunakan pakan ternak olahan yang terbuat dari biji-bijian, jagung, singkong, bekatul serta rumput yang dikeringkan dan difermentasikan. Metode ini dapat meminimalisir bau lebih dari 80 persen.

Baca Juga :   Kejaksaan Panggil Kades Jejeg untuk Klarifikasi Terkait Dana Desa

Basir menggunakan metode pakan ternak olahan sejak tahun 2009 dengan jumlah ternak awal 30 ekor kambing. Sebelumnya pada tahun 2004 hingga 2008 Basir masih menggunakan metode konvensional yang cenderung bau dan kotor. Namun sejak tahun 2009 dia menerapkan metode pakan ternak olahan karena daerah di sekitar sudah mulai padat penduduk.