Latihan Militer Korsel-AS Libatkan Kapal Selam Nuklir Hadapi Ancaman Korut

Latihan Militer Korsel-AS Libatkan Kapal Selam Nuklir Hadapi Ancaman Korut

Slawipos.com – Latihan Militer Korsel-AS Libatkan Kapal Selam Nuklir Hadapi Ancaman Korut, Korea Selatan dan Amerika Serikat menggelar latihan militer bersama di wilayah Pocheon, Korea Selatan, Kamis (15/6/2023). Latihan ini melibatkan kapal selam nuklir USS Michigan yang berada di perairan Korea Selatan. Tujuan latihan ini adalah untuk menangkal ancaman rudal balistik dari Korea Utara.

Latihan militer ini merupakan bagian dari serangkaian latihan yang disebut Ulchi Freedom Guardian yang dilakukan setiap tahun oleh Korsel dan AS. Latihan ini meliputi simulasi perang, latihan lapangan, dan latihan khusus. Salah satu latihan khusus yang dilakukan adalah Combined Joint Live Fire Exercise yang menampilkan kekuatan artileri, tank, helikopter, dan jet tempur dari kedua negara.

Kapal selam nuklir USS Michigan yang berpartisipasi dalam latihan ini merupakan kapal selam kelas Ohio yang mampu membawa 154 rudal jelajah Tomahawk. Kapal selam ini juga dilengkapi dengan sistem komunikasi canggih yang memungkinkan koordinasi dengan pasukan darat dan udara. Kapal selam ini dianggap sebagai salah satu aset militer AS yang paling mematikan.

Baca Juga :   Rupiah Melemah ke Rp 14.983 per Dolar AS, Dipengaruhi Kenaikan Suku Bunga Global

Latihan militer Korsel-AS ini dilakukan di tengah meningkatnya ketegangan di Semenanjung Korea akibat uji coba rudal balistik oleh Korut. Korut telah meluncurkan sejumlah rudal balistik jarak pendek dan menengah sejak awal tahun 2023. Korut juga dikabarkan sedang mengembangkan rudal balistik antarbenua yang mampu mencapai daratan AS.