Gerakan Pramuka Wonogiri Serahkan Tunas Kelapa ke Sukoharjo

Gerakan Pramuka Wonogiri Serahkan Tunas Kelapa ke Sukoharjo

Slawipos.com – Gerakan Pramuka Wonogiri Serahkan Tunas Kelapa ke Sukoharjo, Dalam rangka menyemarakkan Hari Ulang Tahun ke-53 Gerakan Pramuka, Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kabupaten Wonogiri melaksanakan Estafet Tunas Kelapa (ETK) dan menyerahkannya ke Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kabupaten Sukoharjo, Rabu (23/8/2023). ETK merupakan ciri khas kegiatan Kwartir Daerah Jawa Tengah yang bertujuan untuk memasyarakatkan Gerakan Pramuka sebagai wadah pembinaan generasi muda.

Tunas Kelapa yang merupakan simbol Gerakan Pramuka ini dibawa dalam perjalanan rombongan Pasukan Pramuka dari SMKN 1 Wonogiri menuju Balai Desa Gupit, Kecamatan Nguter, Kabupaten Sukoharjo dengan jarak tempuh sembilan kilometer. Penyerahan Tunas Kelapa dilakukan secara khidmat dan sederhana dengan upacara yang ditandai dengan penandatanganan berita acara ETK.

Sekretaris Daerah Kabupaten Wonogiri, Haryono yang bertindak sebagai Ketua Majlis Pembimbing Cabang menyerahkan Tunas Kelapa dari Kabupaten Wonogiri kepada Ketua Majlis Pembimbing Cabang Sukoharjo, yakni Wakil Bupati Agus Santosa. Haryono mengatakan, ETK dapat dimaknai sebagai bagian dari upaya untuk menyelenggarakan pendidikan nonformal bagi anak-anak dan pemuda Indonesia guna menjadi generasi yang berkualitas, disiplin, bertanggungjawab, dan memiliki jiwa patriotisme.

Baca Juga :   Wonogiri Surplus Beras Meski Kemarau Panjang

“Ini sebagai upaya kita mendidik anak-anak kita, anggota pramuka, dan termasuk kita semua untuk bersama-sama membangun SDM kita, sekaligus mencintai kebangsaan kita, mencintai NKRI, Pancasila, dan undang-undang Dasar 1945,” imbuhnya.

Haryono berharap Gerakan Pramuka Kwartir Cabang Wonogiri dapat semakin maju dan menjadi pelopor gerakan kepemudaan yang berkontribusi dalam memajukan kabupaten Wonogiri di masa depan.

Turut hadir dalam acara tersebut, Deputi Pendidikan dan Peran Serta Masyarakat Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) RI Wawan Wardiyana yang menyampaikan tiga pendekatan Trisula pemberantasan korupsi, yaitu pendidikan, pencegahan, dan penindakan. Ia mengapresiasi kontribusi Kabupaten Wonogiri dalam pemberantasan korupsi melalui ETK.

“Trisula pemberantasan korupsi butuh peran serta masyarakat baik itu di pendidikan, pencegahan, dan penindakan. Hari ini terbukti Kabupaten Wonogiri termasuk dalam pemerintahannya berkontribusi dalam pemberantasan korupsi dalam rangkaian acara ETK,” jelas Wawan.

Peserta ETK Kwartir Cabang Wonogiri Tahun 2023 adalah anggota pramuka Kwartir Ranting se-Kabupaten Wonogiri, sesuai dengan rute yang dilalui, yang terdiri dari anggota Gerakan Pramuka Penggalang, Penegak dan Pandega serta Pembina Pramuka se Jawa Tengah dan didukung oleh dinas/instansi serta organisasi masyarakat yang ada. ETK dilakukan dengan berjalan kaki sebagai bentuk olahraga sekaligus kebersamaan antara anggota pramuka.