Warga Kampung Laut Cilacap Senang Dapat Air Bersih dari SPAM Gandrungmangu

Warga Kampung Laut Cilacap Senang Dapat Air Bersih dari SPAM Gandrungmangu

Slawipos.com – Warga Kampung Laut Cilacap Senang Dapat Air Bersih dari SPAM Gandrungmangu, Masyarakat Kecamatan Kampung Laut, Kabupaten Cilacap, tidak lagi kesulitan mendapatkan air bersih. Hal ini berkat adanya Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Gandrungmangu yang dibangun oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR). SPAM ini memiliki kapasitas 100 liter per detik dan diresmikan oleh Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Kamis (10/8/2023).

SPAM Gandrungmangu merupakan solusi bagi warga Kampung Laut yang selama ini mengalami kekeringan setiap musim kemarau. Warga terpaksa membeli air dengan harga mahal dan kualitas buruk. Air yang ada di daerah itu rasanya asin dan tak layak konsumsi.

Namun, kini warga bisa tersenyum lega. Mereka bisa mendapatkan air bersih yang mengalir di rumah mereka dengan mudah dan murah. Warga mengapresiasi pembangunan SPAM ini dan berterima kasih kepada pemerintah.

“Seneng banget, sekarang kalau musim kemarau tidak perlu beli air. Air sudah mengalir di rumah, dan kualitasnya lebih jernih dan tidak bau,” kata Warisem (32), salah satu warga Kampung Laut.

Baca Juga :   SAPA 129, Layanan Baru untuk Melindungi Perempuan dan Anak dari Kekerasan di Jateng

Hal senada disampaikan oleh Sumini (40), warga lainnya. Dia mengatakan, sekarang dia merasa lebih sehat karena bisa minum air bersih. Dia juga berharap, SPAM ini bisa terus beroperasi dengan baik.

“Alhamdulillah sudah nggak beli lagi sekarang, katanya masih gratis. Ya meskipun nanti bayar, tidak semahal beli air di luaran. Dan kualitasnya juga lebih bagus, jadi lebih sehat,” ujarnya.

Gubernur Ganjar Pranowo hadir langsung untuk meresmikan SPAM Gandrungmangu. Dia didampingi oleh Penjabat Bupati Cilacap dan sejumlah pejabat Kementerian PUPR. Ganjar mengatakan, SPAM ini merupakan salah satu program Pemprov Jateng untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

“Kami terus mendorong dan melakukan percepatan distribusi air bersih. Terima kasih pada Kementerian PUPR yang memberikan bantuan dan PDAM yang menyalurkan pada masyarakat, sehingga masyarakat akhirnya bisa mendapatkan suplai air bersih dengan baik,” ucap Ganjar.

Ganjar juga menekankan pentingnya integritas dan antikorupsi bagi semua pihak yang terlibat dalam proyek pembangunan. Ganjar meminta kontraktor dan pengawas proyek untuk bekerja dengan profesional dan jujur. Ganjar juga meminta masyarakat untuk ikut mengawasi proyek pembangunan.

Baca Juga :   Sebaran Apem Yaqowiyu, Tradisi Unik yang Meriahkan Jatinom

“Saya titip, jaga integritas ya. Karena ini untuk masyarakat, tolong jangan dikorupsi. Buatlah yang terbaik, dan kalau ada yang minta-minta, langsung laporkan ke saya,” ucap Ganjar.

“Dan bapak ibu, saya pamit nggih. Tolong ini proyeknya diawasi bareng-bareng. Semoga manfaat,” sambung Ganjar.