PKK Kudus Ajak Generasi Muda Jaga Kesehatan Sejak Dini

PKK Kudus Ajak Generasi Muda Jaga Kesehatan Sejak Dini

Slawipos.com – PKK Kudus Ajak Generasi Muda Jaga Kesehatan Sejak Dini, Ketua Tim Penggerak (TP) PKK Kabupaten Kudus Mawar Hartopo mengajak para generasi muda untuk menjaga kesehatan sejak dini, sebagai investasi berharga untuk masa depan. Ia mengatakan, dengan kesehatan yang baik, setiap individu dapat menjadi lansia yang aktif, mandiri, dan produktif, bukan menjadi beban bagi keluarganya.

Hal itu disampaikan oleh Mawar Hartopo dalam acara penyuluhan kesehatan lansia dengan tema Lansia Terawat Indonesia Bermartabat, di pendapa kabupaten setempat, Sabtu (5/8/2023). Acara ini diikuti oleh ratusan lansia dari berbagai kecamatan di Kudus.

Mawar Hartopo mengatakan, cara menjaga kesehatan sejak dini adalah dengan mengatur pola hidup, menjaga kesehatan, dan mempersiapkan diri jauh sebelum memasuki usia lansia. Ia berharap, para generasi muda dapat menerapkan gaya hidup sehat dan bermartabat, sesuai dengan nilai-nilai Pancasila.

“Menjaga kesehatan sejak dini merupakan investasi yang berharga, sehingga pada saatnya nanti setiap individu mampu menjadi lansia yang sehat, yakni lansia yang aktif, mandiri, dan produktif. Ini juga merupakan wujud pengamalan Pancasila, khususnya sila ke lima, yaitu keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia,” ujar Mawar Hartopo.

Baca Juga :   Museum Batik Pekalongan Luncurkan Aplikasi Sidakon Mustika

Mawar Hartopo juga mengatakan, acara penyuluhan kesehatan lansia ini merupakan salah satu bentuk kepedulian PKK Kudus terhadap kesejahteraan masyarakat, khususnya para lansia. Ia mengatakan, PKK Kudus akan terus memberikan edukasi dan bantuan kepada para lansia, agar mereka dapat hidup sehat dan bermartabat.

“Kami ingin masyarakat Kudus dapat termotivasi untuk lebih peduli terhadap kesehatan, khususnya para lansia. Kami ingin tercipta Indonesia yang bermartabat dengan lansia yang sehat dan bermartabat,” tuturnya.

Dalam acara tersebut, juga ada penampilan senam tera oleh Perwakilan Senam Tera Indonesia Munaji. Ia mengajak para lansia untuk tetap semangat dan rajin berolahraga demi menjaga kesehatan, seperti rutin melakukan senam tera.

“Dengan rutin melakukan senam tera, manfaat positif bagi tubuh dan kesehatan jasmani serta rohani dapat dirasakan secara nyata. Senam tera juga dapat meningkatkan kebugaran dan keceriaan para lansia,” kata Munaji.

Senam tera adalah salah satu jenis senam yang dikembangkan oleh Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) RI. Senam ini menggabungkan gerakan-gerakan aerobik dengan irama musik yang dinamis. Senam tera diklaim dapat membantu menurunkan tekanan darah, kolesterol, gula darah, serta meningkatkan daya tahan tubuh.