Pedagang Pasar Kliwon Temanggung Gelar Kirab dan Doa Bersama

Pedagang Pasar Kliwon Temanggung Gelar Kirab dan Doa Bersama

Slawipos.com – Pedagang Pasar Kliwon Temanggung Gelar Kirab dan Doa Bersama, Temanggung, 3 Agustus 2023 – Suasana haru dan khidmat menyelimuti Pasar Kliwon Rejo Amertani Temanggung, pada Kamis (3/8/2023). Ratusan pedagang di pasar tradisional tersebut menggelar kirab dan umbul donga tri tirta suci sendhang kasih, sebagai bentuk syukur dan permohonan kepada Tuhan.

Kirab dan doa bersama ini merupakan tradisi baru yang digagas oleh Dinas Koperasi, UMKM dan Perdagangan (Dinkopdag) Temanggung bekerja sama dengan para pedagang. Tradisi ini diawali dengan kirab gunungan yang berisi sayur mayur keliling pasar, diiringi oleh gamelan dan tari-tarian. Setelah itu, dilanjutkan dengan doa bersama di depan sendhang kasih, sebuah sumber mata air yang berada di dalam pasar.

Kepala Dinkopdag Temanggung, Entargo Yutri Wardono mengatakan, tradisi ini dimaksudkan untuk memohon keselamatan, kesehatan, dan kelancaran rezeki bagi seluruh warga pasar. Ia berharap, dengan adanya tradisi ini, Pasar Kliwon Temanggung dapat semakin ramai dan berkembang.

“Kami ingin mempererat tali silaturahmi antara pedagang dan konsumen di pasar tradisional. Kami juga ingin menjaga kearifan lokal dan budaya daerah yang ada di pasar ini. Kami berharap, dengan adanya tradisi ini, pasar kami dapat bersaing dengan pasar modern dan menjadi pilihan utama masyarakat untuk berbelanja,” ujar Entargo.

Baca Juga :   Atikoh Ganjar Pranowo Berterima Kasih dan Berpamitan kepada Masyarakat Jawa Tengah

Para pedagang yang ikut serta dalam tradisi ini mengaku senang dan bersemangat. Mereka merasa bahwa tradisi ini sangat bermakna dan memberikan manfaat bagi usaha mereka. Mereka juga mengucapkan terima kasih kepada pemerintah yang telah mendukung dan menginisiasi tradisi ini.

“Kami merasa terharu dan bersyukur bisa mengikuti tradisi ini. Kami berdoa agar kami diberi kesehatan dan rezeki yang halal. Kami juga berharap agar pasar kami semakin maju dan ramai. Kami sangat mengapresiasi kepedulian pemerintah terhadap pasar tradisional,” kata Nur Wahyu Ningsih, salah seorang pedagang di Pasar Kliwon Temanggung.