Musim Panen Tembakau, Temanggung Tambah Kuota LPG 3 Kg

Tabung gas LPG 3 KG bersubsidi warna hijau

Slawipos.com – Musim Panen Tembakau, Temanggung Tambah Kuota LPG 3 Kg, Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah, mengalami kenaikan permintaan LPG tiga kilogram saat memasuki musim panen tembakau. Untuk mengantisipasi kekurangan pasokan, Pemerintah Kabupaten Temanggung berkoordinasi dengan Pertamina regional Semarang untuk menambah kuota LPG tiga kilogram.

Hal ini disampaikan oleh Kepala Bagian Perekonomian, Sekretariat Daerah Kabupaten Temanggung, Fita Parma Dewi, pada Rabu (2/8/2023). Ia mengatakan, permintaan LPG tiga kilogram selama musim panen tembakau biasanya meningkat sekitar 5-6 persen dari bulan-bulan biasa.

“Pada bulan biasa di luar musim panen tembakau, permintaan mencapai 2.300-an matrik ton, kemudian kalau memasuki masa panen tembakau, khususnya Agustus, bisa mencapai 2.500-an matrik ton. Sehingga kenaikan bisa mencapai 30.000 tabung LPG tiga kilogram selama musim panen. Ini kami melihat di tahun lalu, trennya seperti itu,” ujar Fita.

Fita menjelaskan, kenaikan permintaan LPG tiga kilogram tidak terkait dengan industri tembakau, tetapi karena banyaknya tenaga kerja yang terlibat dalam pertembakauan yang membutuhkan LPG untuk memasak. Proses pengolahan tembakau berlangsung sehari penuh, dari pagi sampai pagi lagi.

Baca Juga :   Pemkab Temanggung Dorong ASN Belanja di Pasar Tradisional

Fita menambahkan, pihaknya selalu mengoordinasikan dengan Pertamina atau ESDM jika ada perubahan kuota. Ia berharap agar pasokan LPG tiga kilogram bisa tersedia dan tidak ada kelangkaan.

“Di Temanggung ada 26 agen dan 1.012 pangkalan, tersebar di 20 kecamatan se-Temanggung. Persebaran penjualan tertinggi ada di daerah sentra tembakau,” kata Fita.

Fita menginformasikan bahwa kuota LPG tiga kilogram di Kabupaten Temanggung tahun 2023 sejumlah 27.046 matrik ton atau 9 juta tabung. Harga eceran tertinggi Rp15.500 per tabung, untuk pembelian langsung di agen.