Magelang Bentuk Tim Penanggulangan Penyakit Zoonosis dan Infeksi Baru

Lokakarya Pembentukan Tim One Health Magelang

Slawipos.com – Magelang Bentuk Tim Penanggulangan Penyakit Zoonosis dan Infeksi Baru, Pemerintah Kabupaten Magelang akan segera membentuk tim khusus untuk menangani penyakit zoonosis dan penyakit infeksi baru di daerahnya. Tim ini terdiri dari Tim Koordinasi Daerah, Tim Respon Cepat, dan Pokja Surveilans Berbasis Masyarakat. Tujuannya adalah untuk mencegah dan mengendalikan penyebaran penyakit yang dapat ditularkan dari hewan ke manusia atau sebaliknya, serta penyakit yang belum diketahui sebelumnya.

Hal ini disampaikan oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Magelang Adi Waryanto, saat membuka Lokakarya Pembentukan Tim One Health Kabupaten Magelang, di Atria Hotel, Rabu (2/8/2023). Acara ini dihadiri oleh berbagai instansi terkait, seperti Dinas Kesehatan, Dinas Peternakan dan Perikanan, Dinas Lingkungan Hidup, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, serta mitra kerja seperti Australia Indonesia Health Security Partnership (AIHSP).

Adi mengatakan, pembentukan tim ini sesuai dengan Peraturan Menteri Nomor 7 Tahun 2022 tentang Pedoman Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Zoonosis dan Penyakit Infeksi Baru, dan Surat Edaran Menteri Dalam Negeri Nomor 400.5.2/1387/SJ tentang Pencegahan dan Pengendalian terhadap Penyakit Zoonosis dan Penyakit Infeksi Baru di Daerah. Selain itu, Pemerintah Kabupaten Magelang juga telah memiliki Peraturan Daerah Nomor 9 Tahun 2022 tentang Penanggulangan Penyakit Menular.

Baca Juga :   Bupati Magelang Kukuhkan 29 Anggota Paskibraka 2023 Terpilih

“Memperhatikan hal tersebut, maka kami menyambut baik atas diselenggarakannya lokakarya ini, guna membentuk Tim Koordinasi Daerah sekaligus Pembentukan Tim Respon Cepat (TRC) dan Pokja Surveilans Berbasis Masyarakat, sebagaimana yang telah diamanatkan kedua peraturan tersebut, yaitu agar tercapai efisiensi dan efektivitas dalam pelaksanaan pencegahan dan pengendalian Zoonosis di Kabupaten Magelang,” ujar Adi.

Adi berharap melalui lokakarya ini, bisa dilakukan pemetaan permasalahan, pembahasan teknis, dan pembangunan sinergi lintas sektoral dalam penanggulangan penyakit menular di Kabupaten Magelang. Ia juga mengajak semua pihak untuk menggunakan pendekatan One Health yang komprehensif, yaitu pendekatan yang mengintegrasikan kesehatan manusia, hewan, dan lingkungan.

Sementara itu, Provincial Coordinator AIHSP Jawa Tengah dr Hartanto menyatakan bahwa AIHSP siap mendukung terbentuknya tim penanggulangan penyakit zoonosis dan infeksi baru di Kabupaten Magelang. Ia juga menyampaikan bahwa kegiatan lokakarya ini bertujuan untuk mengidentifikasi program-program yang ada di Kabupaten Magelang dalam menangani KLB atau wabah penyakit infeksi atau zoonosis, serta merencanakan implementasi penanggulangan penyakit hewan menular strategis dan zoonosis di daerah tersebut.